Batu dan Malang Tempat Terbaik Menikmati Hari Tua

JATIMTIMES Setiap orang yang bekerja, pasti akan tiba waktunya untuk pensiun. Akan tiba saat di mana kamu merasakan semua jerih payah yang dilakukan semasa muda. 

Kehidupan ‘baru’ pun untuk menikmati masa tua akan dijalani. Nah untuk menikmati masa tua, tahukah kalian jika ada beberapa tempat terbaik untuk hidup nyaman di Indonesia?

Seperti diketahui, beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk memastikan masa pensiun yang bahagia yakni mulai dari lokasi, infrastruktur, kondisi alam, dan biaya hidup.

Semua faktor itu sangat menentukan betah atau tidaknya tinggal di di suatu daerah saat usia senja.

MalangTIMES kali ini akan memberikan rekomendasi daerah mana saja yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal di masa tua kalian. Berikut ulasannya:

1. Batu, Jawa Timur

Siapa sih yang tidak tahu dengan Kota Batu. Batu merupakan sebuah kota yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur. 

Kota Batu memang sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi orang-orang Jawa Timur maupun yang di luar Jawa Timur. Selain itu, Batu juga sangat cocok untuk tempat tinggal di masa tua loh. 

Keindahan panorama yang dikombinasikan dengan kesejukan udara dan hamparan hijau sayur mayur, sangat cocok dinikmati pensiunan yang ingin menghilangkan penat.

Kalian bisa mengajak orangtua pensiunan untuk berwisata seperti agro bunga, petik apel, stroberi, dan sayur mayur. Wisata petik apel langsung dari pohon menjadi pilihan utama yang tidak boleh dilewatkan.

Selain wisata alam, Batu juga terkenal dengan tempat wisata lain seperti Jawa Timur Park, BNS, Museum Angkut, dan masih banyak tempat wisata lainnya. 

2. Malang, Jawa Timur

Malang juga merupakan salah 1 kota di Jawa Timur. Malang juga sangat cocok untuk menikmati masa pensiun.

Kota yang dikenal sudah sangat berkembang ini menawarkan banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Meskipun kecil, kota Malang memiliki fasilitas kesehatan dan pendidikan yang lengkap.

Ada pula, daya tarik yang membuat kota ini sangat cocok untuk ditinggali di masa tua yakni soal biaya hidup yang relatif murah.

3. Daerah Istimewa Yogyakarta

Tak cuma cocok untuk orang-orang yang haus akan pengetahuan, Yogyakarta juga sangat cocok untuk mereka yang ingin menghabiskan masa tua.

Yogyakarta sendiri menawarkan suasana nyaman dan damai yang tentunya disukai oleh orang-orang lanjut usia. Biaya hidup di sana pun terbilang relatif murah mulai dari makan, mengontrak rumah, hingga pengobatan di rumah sakit.

Terlebih, kalian juga bisa menikmati banyak sekali wisata kuliner dengan harga terjangkau. 

4. Ubud, Bali

Ubud merupakan salah 1 tempat terbaik untuk pensiun yang harus dipertimbangkan. Sebagai pusat kebudayaan dan kesenian di Bali,  Ubud dihiasi oleh sawah-sawah dan jauh dari hiruk pikuk. 

Wilayah ini sangat cocok untuk kalian yang mencari ketenangan serta gaya hidup sehat karena mudahnya menemukan makanan dan minuman organik. Sedangkan, untuk aktivitasnya sendiri bagia mereka yang tinggal disana dijamin tidak akan pernah bosan karena setiap tahunnya ada banyak sekali festival, seperti Ubud Food Festival,
Bali Spirit Festival, hingga
Ubud Writers and Readers Festival.

5. Solo, Jawa Tengah

Sudah bukan rahasia lagi jika Solo merupakan salah 1 kota dengan biaya hidup yang relatif sangat murah dan nyaman untuk dijadikan tempat pensiun. Di Solo, semua fasilitas umum yang meliputi transportasi, fasilitas kesehatan, dan hiburan sangat memadai dan mudah untuk ditemui.

Mempuanyai karakteristik yang hampir serupa dengan Yogyakarta, suasana Solo cocok untuk kalian yang menginginkan daerah santai dan ramah.

Bahkan, kesempatan untuk membuka usaha rumahan seperti kuliner sangat terbuka mengingat banyaknya mahasiswa di sana.

6. Bandung, Jawa Barat

Bandung merupakan kota yang masih memiliki udara yang bersih dan segar. Jika kalian menghabiskan masa tua di Bandung, mungkin kesempatan untuk tinggal bersama cucu menjadi lebih besar.

Pasalnya, Bandung menjadi rumah dari banyak universitas ternama, antara lain:

– Institut Teknologi Bandung (ITB),
– Universitas Padjajaran (Unpad), dan
– Universitas Pendidikan Indonesia.

Bahkan, nilai pajak di kota Bandung pun tidak terlalu tinggi.



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Bikin Alis Tanpa Mencukur dan Concealer, Pemula Wajib Tahu Nih

INDONESIAONLINE – Buat kalian yang tidak percaya diri memiliki bentuk alis tipis…

Tampil Sederhana Namun Stylish, Potret Rossa Liburan ke Amerika Bisa Kalian Copy

INDONESIAONLINE – Penyanyi yang juga diva Indonesia Sri Rossa Roslaina Handiyani atau…