Jokowi Resmikan Dua Bendungan di Jatim dari Kabupaten Trenggalek

JATIMTIMES – Datang ke Trenggalek, Jawa Timur, Presiden RI Joko Widodo meresmikan dua bendungan baru sekaligus. Dua bendungan tersebut adalah Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

“Pagi hari ini, Alhamdulillah kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar lagi di Provinsi Jawa Timur. Yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek,” kata Jokowi, dalam sambutannya, Selasa (30/11/2021).

 

Dijelaskan Jokowi, kedua bendungan ini telah siap untuk dimanfaatkan sebagai pendukung program ketahanan pangan di Jawa Timur. Menghabiskan anggaran total Rp 1,69 triliun, diharapkan bendungan ini bisa meningkatkan hasil pangan petani.

“Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare,” ujar Presiden.

Sementara untuk Bendungan Gongseng yang berada di Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro dirancang untuk memiliki kapasitas 22 juta meter kubik. Dan bisa mengairi 6.200 hektare lahan.

“Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani akan semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” terang Jokowi.

Dalam peresmian kali ini, Jokowi ditemani Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, dan Pangdam V/Brawijaya. 

 

Selain itu, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Forkopimda Kabupaten Trenggalek juga turut menemani Presiden.
 
Selain meresmikan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu, Presiden juga dijadwalkan akan menghadiri acara pertanian di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Di lokasi tersebut, dijadwalkan Jokowi akan berdialog dengan para petani setempat, menyerahkan bantuan alat pertanian, dan menanam padi di sawah. 



Ganez Radisa Yuniansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…