Semburan Abu Vulkanik Gunung Semeru Rusak Belasan Rumah Warga di Sumberwuluh, Lumajang

Rumah yang rusak ( Foto : Asmadi / JatimTIMES )

JATIMTIMES – Belasan rumah warga di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang rusak akibat tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. Sebagian besar atap rumah ambruk karena tidak kuat menahan beban abu vulkanik yang cukup tebal.

Selain merusak rumah, sejumlah hewan peliharaan milik warga juga dilaporkan mati tertimbun reruntuhan rumah yang rusak. “Angka tersebut (belasan, Red) masih sementara, bahkan akan terus bertambah, karena  di Curah Koboan juga ada rumah yang rusak. Namun jalannnya masih sangat sulit untuk dilalui,” ujar Rendi salah satu relawan kepada jatimTIMES.com di sela-sela membersihkan rumah warga yang rusak akibat abu vulkanik, Sabtu (4/12/2021)..

Menurut Rendi, rumah-rumah yang mengalami kerusakan sebagian besar karena atapnya terbuat dari asbes. Atap asbes itu tidak kuat menahan beban abu vulkanik yang cukup tebal sehinggga ambrol. 

Ambrolnya atap rumah itu juga merusak sejumlah perabotan rumah tangga milik warga. Untungnya sebagian besar warga tidak ada di rumah saat atap rumah ambrol. Sebab, pada saat kejadian warga sedang mengungsi.  

Sebagian warga terlihat kembali pulang utunk melihat kondisi rumah dan barang-barang yang ada di dalamnya. “Kami tidak bisa mencegah kemauan warga untuk melihat keadaan rumahnya. Kami tetap wanti-wanti, karena Gunung Semeru masih berstatus awas,” ujar Rendi.

Untuk diketahui, erupsi Gunung Semeru ini selain merusak rumah warga juga membuat sejumlah fasilitas umum tidak bisa dipakai. jembatan terputus, aliran listrik padam, dan pasokan air bersih juga terganggu karena pipa saluran air putus dan rusak.



Asmadi Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…