Kediri Menari, Cara Kak Ido Tampung Aspirasi dan Wadahi Pemuda Kediri

JATIMTIMES – Sebanyak 17 grup tari perwakilan karang taruna se-Kecamatan, Kota Kediri, mengikuti lomba tari tradisi yang diselenggarakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kediri bersama Pemerintah Kota Kediri. Lomba ini memperebutkan piala Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Dra. Firdaus.

Kegiatan bertajuk Kota Kediri Menari atau Menata Tradisi dalam Gerak Tari ini sengaja digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisi, sebagai kekayaan daerah atau bangsa.

Lomba ini mengambil tempat di Balai Kelurahan Banjaran, Kota Kediri dan disiarkan secara virtual melalui Live On Instagram: @firdaus__ido dan YouTube: Dhoho TV, pada Sabtu (4/12/2021). Selain memperebutkan Piala Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Dra. Firdaus, seluruh peserta juga mendapatkan uang pembinaan puluhan juta rupiah serta cinderamata.

“Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat menyelenggarakan kegiatan Kota Kediri Menari (Menata Tradisi dalam Gerak Tari) tahun 2021. Perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada semua kontingen tari kelompok Karang Taruna se-Kecamatan Kota yang mewakili Kelurahan masing-masing, dengan semangat tinggi mengikuti lomba tari tradisi yang kami laksanakan,” kata Kak Ido, sapaan akrab Dra. Firdaus dalam sambutannya.

Sebagai pimpinan DPRD Kota Kediri, Kak Ido mengaku sangat bangga sekaligus terharu dengan antusiasme para pemuda yang ikut berusaha melestarikan budaya tradisi sebagai kekayaan bangsa yang ada di Kota Kediri ini. 
Untuk itulah, politisi perempuan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kediri ini berusaha menampung aspirasi masyarakat dalam hal ini para pemuda, dengan memberikan ruang untuk berkarya dalam kompetisi yang bernafaskan kebersamaan dengan denyut nadi pelestarian budaya, agar terus hidup sebagai karakter bangsa.

Selain memperebutkan Piala Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Dra. Firdaus, seluruh peserta juga mendapatkan uang pembinaan puluhan juta rupiah serta cinderamata. Foto: (Bams Setioko/Jatimtimes)

“Harapan saya semoga, dengan kegiatan ini dapat memberikan semangat kepada para pemuda untuk terus berkarya di semua bidang yang bersifat positif, bangsa ini bangsa yang besar penuh dengan kekayaan yang perlu kita lestarikan dan kembangkan searah dengan teknologi yang terus berkembang,” harapnya.

Dalam lomba tari ini, setiap penampilan dari kontingen dinilai oleh Tim Juri yang berkompeten di bidangnya. Dewan juri berasal dari berbagai latar belakang mulai dari Budayawan, praktisi seni maupun pelaku seni Kota Kediri.

“Untuk itu, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut yaitu kepada Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kecamatan Kota, Kelurahan se-Kecamatan Kota, Karang Taruna se-Kecamatan Kota sekaligus masyarakat Kota Kediri dan semua pecinta seni di Indonesia,” tutupnya.

Perlu diketahui dalam kegiatan Kota Kediri Menari ini juga sekaligus dimanfaatkan Kak Ido untuk diskusi dengan para perwakilan karang taruna sebagai upaya untuk menampung aspirasi para pemuda karang taruna, sekaligus koordinasi dan serah terima bantuan hibah Tahun anggaran 2021.



Bambang Setioko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…