Alfamart Beri Pelatihan dan Bantuan Gerobak Pada UKM Kabupaten Rembang

JATIMTIMES – Alfamart berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan UMKM. Salah satunya dengan aktif memberikan pelatihan manajemen ritel modern di Kabupaten Rembang, Senin (6/12/2021).

Bupati Rembang H Abdul Hafidz, mengapresiasi pelatihan pada puluhan pedagang UMKM karena menjadi sejarah baru dalam kemitraan toko modern dengan pelaku UKM.

“Rembang masuk dalam 21 kota dan kabupaten kreatif. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah dan pelaku UKM untuk terus berbenah ke arah yang lebih baik,” beber Abdul Hafidz.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggandeng toko modern khususnya Alfamart untuk bermitra dengan pelaku UKM di Rembang.

Dijelaskan Hafidz, Rembang memiliki banyak produk olahan ikan, emping jagung, rengginang, kopi lasem, bawang lanang, amplang dan lain-lain yang layak dipasarkan di toko modern.

“Yang namanya kemitraan harus ada kerjasama antara toko modern dengan UKM. Jadi keduanya harus saling menguntungkan,” harap Hafidz.

Keberadaan Alfamart di Kabupaten Rembang sendiri kata Hafidz, jangan sampai menimbulkan prasangka tidak baik di kalangan pelaku UKM. Sebab, saat ini Alfamart sangat membantu UMKM.

“Perusahaan yang besar jangan menghabisi yang kecil. Dengan  kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi di masa pendemi. Kerjasama yang diuntungkan harua kedua belah pihak. Semua harus terbuka,” tutur Hafidz.

Alfamart harus memasarkan produk UKM Rembang tidak hanya di wilayahnya sendiri, tapi juga di kota dan kabupaten lain. Sebaliknya pelaku UKM diharap harus bisa menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas, karena hal ini terkait dengan kredibilitas toko modern.

Nurbadrianto, Wakil Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya mengatakan, pelatihan manajemen ritel merupakan insiatif perusahaan dalam membantu pedagang dan UKM.

Dalam hal ini, Alfamart memberikan sejumlah materi yang diberikan, salah satunya memberikan informasi terkait ritel modern.

“Pedagang punya pengalaman yang tidak diragukan lagi. Alfamart bisa berikan kontribusi kepada lingkungan sekitar termasuk pedagang lewat CSR (corporate sosial responsibility),” tukas Nurbadrianto.

Selain pelatihan, alfamart juga menyerahkan bantuan empat gerobak untuk pelaku UKM di wilayah Kabupaten Rembang.



Hendra Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sukses Gelar Kejurda Robotik, Kabupaten Blitar Dapat Pujian dari Pemprov Jatim

    INDONESIAONLINE-Revolusi Industri 4.0 direspon dengan inovasi dan kreatifitas oleh Kabupaten…

Bupati Blitar Launching Pasar Lelang Cabai di Kecamatan Wonodadi

INDONESIAONLINE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Kolomayan, Kecamatan…