PB ISSI Kirimkan Dua Atlet Latihan ke Swiss, Salah Satunya asal Kota Malang

JATIMTIMES – Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) kirimkan dua atlet balap sepeda ke Kota Aigle-Swiss untuk menghadiri undangan latihan di pusat pelatihan balap sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) atau Federasi Balap Sepeda Dunia. 

Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia Balap Sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo menyampaikan, ada dua atlet yang dikirimkan. Yakni atlet junior putri Dewika Mulya Sova asal Kota Malang dan atlet elite putri Liontin Evangelina Setiawan asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Jadi Dewika harus melakukan tes selama 5 hari, mulai tanggal 6-10 Desember dan jika nanti standard dari UCI bisa dilakukan dengan baik dan bisa menghasilkan banchmark nya dia cukup, insya allah Dewika memperoleh beasiswa nanti tahun 2022,” ungkap Dadang kepada JatimTIMES.com.

Selain untuk mendapatkan beasiswa, nantinya dua atlet balap sepeda dari Indonesia ini akan menghadiri beberapa event besar di Eropa. Maka dari itu, kesempatan untuk menjalani identifikasi bakat nomor jalan raya tingkat tinggi di kamp World Cycling Center (WCC) merupakan kesempatan yang luar biasa. 

“Jadi saya sampaikan, ini tidak hanya kesempatan biasa, tetapi ini cukup luar biasa. Karena ini dipantau langsung oleh UCI World Cycling Center, pusat dari badan balap sepeda dunia,” ujar Dadang. 

Potensi dari dua atlet balap sepeda Indonesia ini juga sudah terpantau sejak Bulan Mei sampai Bulan Oktober 2021 yang lalu oleh UCI World Cycling Center. 

Pemantauan dilakukan ketika dua atlet ini mengikuti Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk gelaran Sea Games ke-31 Hanoi Vietnam tahun 2021 yang bakal dihelat pada Bulan Mei 2022. 

“Khususnya Dewika Mulya Sova itu performance levelnya sudah di world class, makanya dia (UCI) cukup tertarik memanggil Dewika secara langsung dan di tes disana, kita doakan semua agar Dewika dapat hasil yang maksimal,” terang Dadang. 

Sementara itu, menjelang Sea Games 2021, PB ISSI juga telah menyiapkan para atlet untuk bertarung demi menyabet medali dan gelar juara di Pesta Olahraga Asia Tenggara tersebut. 

“Atlet yang disiapkan untuk Sea Games, sekarang ada 32 atlet yang Pelatnas di Yogyakarta,” tutur Dadang. 

Di mana dalam Pelatnas tersebut, sebanyak 32 atlet PB ISSI tersebut melakukan training camp pada nomor yang akan dipersiapkan untuk Sea Games 2021. 

“Jadi nomor BMX dan nomor track kita sudah mempersiapkan Desember ini, target medali seperti yang pernah disampaikan PB ISSI target kita dua medali mas,” pungkas Dadang. 



Tubagus Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Masuk Liga 3 Nasional, NZR Sumbersari Jajal Kekuatan Persebaya

NZR Sumbersari saat akan menjalani laga ujicoba menghadapi Persebaya Surabaya (foto: NZR…

Sempat Tidak Diunggulkan, Cabor Kempo Jember Sumbang 1 Medali Emas

INDONESIAONLINE – Cabang Olah Raga (Cabor) Kempo kontingen Kabupaten Jember berhasil menyumbang…