Upaya Pemerintah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Pengembangan Desa Wisata

JATIMTIMES – Sejalan dengan tujuan pembangunan kepariwisataan, Pemerintah kini tengah mengembangkan desa wisata. Pengembangan desa wisata ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

Pengembangan desa wisata juga merupakan salah 1 bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Oleh sebab itu, setiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Atas nama Bapak Presiden, saya mengapresiasi penyelenggaraan Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai momentum mendorong geliat pengembangan desa wisata khususnya dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mewakili Presiden RI pada acara “Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021“ yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada Selasa (7/12/2021).

Acara ADWI diharapkan bisa menjadi wahana promosi potensi desa wisata di Indonesia bagi wisatawan domestik dan mancangera, serta dapat memotivasi Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan desa-desa wisata baru sebagai pengungkit perekonomian desa dan daerah, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebanyak 1.831 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi mendaftar dan menjadi peserta pada ajang ADWI 2021. Dari jumlah itu, tersaring 50 besar desa wisata terbaik yang meraih penghargaan pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dalam mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Sektor pariwisata sebagai salah 1 penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, perjalanan wisatawan nusantara, peningkatan penerimaan devisa dari sektor pariwisata, penyerapan tenaga kerja pariwisata, dan kenaikan indeks daya saing pariwisata indonesia di ranah global.

”Saya juga mendorong agar pengembangan desa wisata untuk terus disinergikan dengan upaya pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas termasuk 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sehingga dapat semakin memperluas manfaat ekonomi pengembangan destinasi pariwisata bagi masyarakat lokal,” pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir pula dalam perhelatan Malam ADWI 2021 diantaranya Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Budie Arie Setiadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, para Bupati dan Wakil Bupati, serta para Kepala Desa dan Pejabat Setempat dari 50 Desa Wisata.



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Harga Minyak Goreng Jadi 11.500 per Liter, Gubernur Khofifah Berharap Harga Ini sampai Konsumen Paling Akhir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat di samping wali Kota Kediri. (foto:…

BI-FAST Lengkapi Fitur JConnect Mobile Bank Jatim untuk Transfer Lebih Murah

INDONESIAONLINE – BI-FAST merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia…