Serba-serbi Batik, Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Dunia

JATIMTIMES – Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia. Sejak 2 Oktober 2009, batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Seperti yang kita tahu, ada dua jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu batik tulis dan batik cetak atau batik cap. Batik tulis dihargai lebih tinggi, karena kerumitannya dan proses pengerjaannya yang lebih memakan waktu.

Proses pewarnaan motif batik dilakukan dengan menuliskan titik-titik cairan lilin malam pada permukaan kain dengan alat yang disebut canting. Berbeda dengan produksi batik cap, jenis batik tulis memiliki kualitas yang tidak dapat dibandingkan karena tingkat keunikannya yang menyesuaikan masing-masing pembatik.

Kain batik sendiri banyak diolah menjadi beragam jenis pakaian. Mulai dari yang paling umum, kain batik biasanya dibuat sebagai atasan, baik berupa kemeja ataupun kebaya. Selain itu, tak jarang kita menemukan pakaian modern seperti dress, dan rok. Bahkan motif batik pun sudah mulai banyak digunakan pada aksesori pakaian seperti hijab dan juga masker.

Saat ini mudah kita temukan kain batik kualitas premium, dengan harga yang cukup ramah kantong. Namun memang tiap produsen batik memiliki standar kualitasnya masing-masing. Kita pun, sebagai konsumen lebih diuntungkan, karena semakin banyak pilihan.

Bicara soal batik, nama Krajan Batik tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Krajan Batik sudah berdiri selama 20 tahun di kota Semarang dan menjadi salah satu produsen yang cukup luas mengangkat batik ke dalam budaya modern.

Batik memang jadi pakaian yang paling cocok digunakan di berbagai keperluan. Untuk kegiatan formal seperti pertemuan hingga menghadiri acara pernikahan, batik tentu jadi pilihan yang pas.

Sementara untuk kegiatan non formal atau kasual, seperti saat nongkrong, batik pun tetap bisa digunakan. Karena memang aplikasi batik sudah tidak hanya terbatas pada pakaian atasan atau bawahan. Seperti Krajan Batik yang tak hanya memproduksi batik tulis Indonesia, tapi juga menyediakan masker kain dengan motif batik yang khas.

Harga batik tulis memang tidak semurah batik cap atau batik cetak, tapi batik tulis memberikan nilai-nilai spesial, terutama keunikan, yang tentu tidak didapatkan dari batik cap.

Pendiri Krajan Batik, Christian mengatakan, batik adalah salah satu karya seni yang menjadi ciri khas kekayaan warisan turun temurun Indonesia. Proses pembuatan batik tulis adalah yang paling rumit, halus, dan paling lama pengerjaannya dibandingkan dengan teknik lain.



Bramastyo Dhieka Anugerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Bikin Alis Tanpa Mencukur dan Concealer, Pemula Wajib Tahu Nih

INDONESIAONLINE – Buat kalian yang tidak percaya diri memiliki bentuk alis tipis…

Tampil Sederhana Namun Stylish, Potret Rossa Liburan ke Amerika Bisa Kalian Copy

INDONESIAONLINE – Penyanyi yang juga diva Indonesia Sri Rossa Roslaina Handiyani atau…