Dukung Langkah Cepat Lumajang Dalam Relokasi Korban Semeru, Meneg BUMN Erick Tohir Ke Lumajang

Meneg BUMN Erick Tohir ketika meninjau kawasan yang disiapkan untuk relokasi (Foto : Kominfo)

JATIMTIMES – Untuk memberikan dukungan terhadap langkah cepat Kabupaten Lumajang, hari ini Minggu (12/12) Menteri Negeri BUMN Erick Tohir datang ke Lumajang untuk melihat kesiapan Kabupaten Lumajang dalam merelokasi pemukiman warga terdampak letusan Semeru.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dan Wabup Lumajang Ir. Indah Amperawati mendatangi lokasi yang disiapkan Lumajang untuk merelokasi warga, dari kawasan yang cukup berbahaya di lereng Semeru ke tempat yang lebih aman.

“Pagi ini, saya dan Bund Indah Masdar menemani Pak Erick Tohir Menteri BUMN berkunjung ke lokasi Perhutani yang akan dijadikan tempat relokasi dan pemukiman baru bagi masyarakat yang terdampak erupsi semeru,” kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq hari ini.

Bupati juga menjelaskan, Menteri Erick Tohir meminta kepada Pemkab Lumajang dalam sepekan ini segera dilakukan persiapan dan penataan, terutama untuk kebutuhan dasar sebuah pemukiman.

“Perintah Pak Menteri dalam seminggu ini sudah harus di mulai penataan kawasan dan pemenuhan kebutuhan dasar, seperti akses jalan, jaringan listrik, saluran air, termasuk juga saluran sanitasi untuk warga,” kata Bupati Lumajang kemudian.

Salah satu targetnya adalah, para korban letusan Semeru bisa segera menempati hunian sementara di lokasi yang baru, setelah berbagai persiapan tersebut segera dilakukan.

“Harapannya, masyarakat yang terdampak Erpusi Semeru yang ada di pengungsian, bisa segera pindah secara bersamaan dengan pembangunan hunian sementara untuk menjadi tempat tinggal sementara,” kata Bupati Lumajang Cak Thoriq.

Secara keseluruhan pembangunan hunian tetap nantinya akan dibangun melalui koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).



Moch. R. Abdul Fatah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Perkembangan Cukup Cepat, Bapenda UPT Singosari Pantau Pertumbuhan Potensi Pajak di Mulyoagung

INDONESIAONLINE – Upaya untuk mencapai target pajak terus digenjot oleh Badan Pendapatan…