Mahasiswa UMM Ikut Berpartisipasi dalam Pemasaran di Pabrik Tahu “SWT” Desa Ngijo Karangploso

Kegiatan PMM (Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa) dilakukan  mahasiswa kelompok 97 gelombang 16 Universitas Muhammadiyah Malang di Pabrik Tahu “SWT” di Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Malang. 

Kelompok PMM ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemasaran pada Pabrik Tahu “SWT” yang saat ini masih dalam pandemi covid 19. Kelompok PMM ikut membantu memasarkan produk dengan via online lewat aplikasi Shopee dan Instagram.

 Pada pengabdian yang dilakukan kelompok 97 gelombang 16 yang beranggotakan  Sidiq Putrojo, Angelin Fatimatut, Bobby Ardiyanto Ishak, Ocha Shinta Kartika Efendi, dan M Refamil Akbar, mereka ikut serta dalam memasarkan beberapa produk dari pabrik tahu “SWT”. 

Beberapa jenis produk yang akan di pasarkan seperti tahu bulat dan tahu pejam (pentol jamur), dalam kegiatan ini kami juga diberi arahan oleh pemilik pabrik, yaitu Bapak Amir, tentang produk mana yang aman dipasarkan via online serta diajarkan proses pembuatan produk yang akan dipasarkan. 

Proses pemasaran yang dilakukan dengan langkah pertama membuat akun Shopee dan Instagram selanjutnya melakukan foto produk agar produk lebih menarik serta membuat packaging yang aman untuk pemasaran di luar daerah dan mengira-ngira berapa tahan lama produk yang akan dipasarkan.

 Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kami memulai penjualan. Pada pengabdian ini, kami bertujuan untuk membantu pemilik pabrik agar produk tetap eksis di saat pandemi covid 19 dengan adanya kegiatan ini diharap mendorong umkm untuk tetap bangkit di era pandemi seperti saat ini.



Ocha Shinta Kartika Efendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

PMM Kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Malang : “Sosialisasi dan Edukasi Tentang Manfaat Literasi Kepada Anak – Anak Di Panti Asuhan Darul Jundi”

INDONESIAONLINE – Malang, 11 juli 2022 ,dampak dari penyebaran covid-19 kegiatan yang…

Dampak Positif Negatif Kenaikan PPN 11%

INDONESIAONLINE – Pada 1 April 2022 di saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat…