Pengukuhan Pengurus Koni, Bupati Tulungagung Yakin Pengurus Baru Bisa Lahirkan Atlet Berprestasi

JATIMTIMESBupati Tulungagung Maryoto Birowo menghadiri acara pengukuhan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Tulungagung masa bakti 2021-2025 di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso, Jum’at (17/12/2021).

Dalam acara pengukuhan itu, Maryoto meyakini bahwa pengurus Koni yang baru bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan olahraga dan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi.

“Saya yakin Koni Tulungagung dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan olahraga dan dapat melahirkan atlet-atlet Tulungagung yang berprestasi,” kata Maryoto.

Atas nama Pemkab Tulungagung, Maryoto mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik dan berharap 4 tahun ke depan dapat membina mewujudkan prestasi olahraga yang gemilang untuk Tulungagung.

Tidak lupa, dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada pengurus Koni sebelumnya (masa bakti 2017-2021) atas pengabdian yang telah diberikan dan membuktikan kecintaannya dalam membangun olahraga di Tulungagung. Juga mengharumkan nama Tulungagung, baik dikancah regional Jatim maupun Nasional dan tingkat yang lebih tinggi.

“Ini semua merupakan perwujudan dari motto Kabupaten Tulungagung yang ayem tantrem mulyo lan tinoto,” tambahnya.

Maryoto mengungkapkan, prestasi yang dicapai oleh atlet Tulungagung sudah banyak sekali. Bahkan atlet Tulungagung juga mewakili Provinsi Jatim pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021.

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang sangat kami apresiasikan dan semoga atlet yang telah memperoleh kejuaraan di tingkat nasional bisa meningkatkan prestasinya yang lebih tinggi, baik di tingkat asia tenggara, asia, bahkan olimpiade,” ucapnya.

Menurut Maryoto, dalam melaksanakan pengabdiannya, Koni tidak bisa berjalan sendiri. Artinya harus bekerjasama dengan pengurus cabang olahraga (Cabor), Pemkab, para pengusaha dan masyarakat serta stakeholder yang terkait.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada pengurus cabor untuk tetap semangat dalam membina atlet-atletnya guna meraih prestasi yang lebih baik lagi. Maryoto juga menyarankan, antara pihak terkait agar menjalin kerjasama dan membuat program olahraga yang berkesinambungan serta konsisten untuk dapat melahirkan bibit atlet muda yang potensial.

“Bentuk kerjasama dengan pihak-pihak sponsor dalam melaksanakan pembinaan atlet-atket berprestasi maupun dalam melaksanakan satu event olahraga. Mari kita berikan yang terbaik untuk Tulungagung, raih prestasi untuk kejayaan Tulungagung,” pungkas Maryoto.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Koni Jawa Timur Suwanto mengucapkan selamat kepada pengurus Koni Tulungagung yang baru dilantik dan berharap pengurus yang baru akan lebih meningkatkan prestasi olahraga di Tulungagung.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus Koni masa bakti 2017-2021 atas kerja keras yang telah dilakukan atau yang dicapai selama ini,” katanya.

Suwarno mengungkapkan, pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim yang ke-6 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Bojonegoro, Gresik, Lamongan dan Tuban. Tulungagung meraih peringkat ke 18 dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Dalam Porprov ke-6 itu, Tulungagung berhasil memperoleh 4 medali emas, 13 medali perak, dan 18 medali perunggu. Medali emas itu diperoleh oleh Cabang Olahraga Binaraga 1 medali emas, Futsal 1 medali emas dan Renang 2 medali emas.

“Saya kira ini adalah modal untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tulungagung,” ucapnya.

Selain itu, di Tulungagung juga ada cabor-cabor yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Bahkan Tulungagung juga merupakan satu-satunya daerah yang mempunyai atlet cabor lempar tolak cakram.

Pada PON lalu, kata Suwarno, atlet Tulungagung berkontribusi menyumbang medali 1 emas dan 3 medali perak untuk Provinsi Jawa Timur. “Kami atas nama Koni Jawa Timur mengucapkan terimakasih atas kontribusi Tulungagung dalam menyumbangkan medali emas pada PON yang lalu,” tutupnya.



Muhamad Muhsin Sururi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE ¬†– Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…