Wabup Rahmat Santoso Dorong Pengelolaan Arsip di Kabupaten Blitar Lebih Tertib

JATIMTIMES-Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso membuka Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Kamis (16/12/2021). Tujuan dari Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip ini untuk meningkatkan kesadaran kearsipan secara tertib.

Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip ini dihadiri Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto. Menurut Rahmat, kehadiran Imam Gunarto memberikan motivasi bagi Pemkab Blitar untuk mengelola arsip secara lebih baik dan tertib.

“Kehadiran Bapak Imam Gunarto ini memberi semangat kami untuk mengelola arsip secara lebih tertib,” kata Rahmat Santoso.

Rahmat menambahkan, dengan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip kedepannya selain pengelolaan arsip menjadi lebih baik, juga untuk membangun pemerintahan di Kabupaten Blitar yang bersih dan transparan.

“Saya berharap pengelolaan arsip di tahun-tahun  berikutnya bisa dijalankan lebih baik lagi. Saya yakin Gerakan Sadar Tertib Arsip ini kedepanya akan berdampak positif,” imbuhnya.

Sementara Kepala ANRI Imam Gunarto dalam sambutannya menyampaikan, masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Blitar saat ini menjadi kesempatan untuk melahirkan kebijakan yang nantinya akan mendukung pengelolaan kearsipan. Menurutnya pengelolaan arsip tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

“Tidak boleh kita mengelola arsip sembarangan karena ini berpengaruh pada akuntabilitas pemerintahan. Kami dari ANRI membantu dengan senang hati agar Kabupaten Blitar berbenah melalui kegiatan ini,” tegas Imam.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blitar, Herman Widodo menyampaikan bahwa hasil pengawasan internal yang diverifikasi Pemprov Jatim soal kearsipan tahun 2021,  Kabupaten Blitar dinilai masih masuk  kategori kurang memuaskan. Sehingga pengelolaan arsip  harus  ditingkatkan.

“Upaya perbaikan pengelolaan arsip di Kabupaten Blitar harus benar-benar diwujudkan. Oleh karena itu mari budayakan pengelolaan kearsipan secara tertib,” pungkas Herman.(Adv/Kmf)



Aunur Rofiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…