Empati Bencana, Pemdes Yosomulyo Dirikan Posko Peduli di Jalur Selatan Jawa-Bali

JATIMTIMES – Bencana alam erupsi Gunung Semeru yang telah meluluhlantakkan wilayah di sekitar Kabupaten Lumajang, Jawa Timur banyak menggugah simpati dan kepedulian semua kalangan di negeri ini. 

Solidaritas dan kepedulian tersebut, salah satunya ditunjukkan Pemerintah Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran dengan membuka Posko Peduli untuk menggalang dana dari masyarakat, Sabtu (18/12/2021 ).

Kepala Desa Yosomulyo Joko Utomo Purniawan mengatakan, langkah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana alam yang melanda Kabupaten Lumajang.  Joko juga menyatakan, dirinya bersama seluruh elemen, perangkat desa, Brigade Desa, Tokoh Masyarakat dan Pemuda di lingkungan Desa Yosomulyo berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana bantuan peduli korban bencana erupsi Gunung tertinggi di Jawa Timur itu. 

“Setelah dana terkumpul, kami segera berangkat ke Lumajang untuk menyalurkan bantuan dan tentunya berkoordinasi dengan Posko Peduli atau BPBD Kabupaten Lumajang” ujar Joko. 

Selain penggalangan dana di sekretariat Posko Peduli, Joko juga menginstruksikan kepada seluruh Ketua RT dan RW agar turut berpartisipasi dan menghimpun bantuan maupun donasi yang selanjutnya dikoordinir ke Posko Desa. 

“Kita sampaikan kepada seluruh warga Desa Yosomulyo melalui Ketua RT dan RW, Paguyupan Pemuda yang ikut peduli membantu saudara-saudara kita di Lumajang, agar disampaikan ke Posko Peduli Desa sehingga jelas pertanggungjawabannya,” terang Joko. 

Sementara itu, Ketua Brigade Desa Hendro Karyadi menjelaskan, penggalangan dana dilakukan di jalan provinsi jalur selatan Jawa-Bali. Tepatnya depan kantor Desa Yosomulyo dengan menyasar donasi dari para pengguna jalan yang melintas. 

“Di Posko para pengguna jalan berdonasi sambil menikmati musik kendang kempul khas Banyuwangian yang dilantunkan para pemuda. Ada PCB, GPS, dan Formasa,” tuturnya.

Selain itu, pria yang juga Ketua Paguyupan Seni Beladiri Jawa, tenaga dalam hawa murni  Cokro Nogo Manunggaling Roso menyebut penggalangan dana ini rencananya akan dilakukan selama sepekan ke depan untuk mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya dan penyaluran ke Lumajang akan di kirim berupa uang tunai. 

“Kita usahakan penyaluran bantuan ke Lumajang nanti berupa uang agar bisa dipergunakan untuk kebutuhan pemulihan sarana dan prasarana pasca bencana,” pungkas Hendro.



Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…