Duka Semeru, Mahasiswa Papua: Kitorang Beri Bukan Karena Punya Harta, Tapi Punya Hati

JATIMTIMES – Mahasiswa dan warga Papua yang ada di Surabaya menggelar acara “Pray For Semeru, Open Donasi”. Tema yang diangkat untuk aksi sosial itu adalah “Kitorang beri bukan karena punya harta, tapi Kitorang punya hati”.

Gelaran acara santai itu, dihelat di halaman parkir Ruko EsTe Square, Sabtu (18/12/2021), malam. Di atas panggung, acara awal dibuka dengan pemuda dan pemudi berpakaian adat Papua menyajikan Tari Persahabatan, yang menggambarkan bentuk sapaan keakraban, untuk undangan.

Tokoh Papua, Marten Carel Korwoa yang juga Ketua IKAL Jawa Timur mengatakan, warga Papua di Surabaya prihatin dan peduli dengan musibah yang dialami warga Lumajang, akibat erupsi Gunung Semeru.

“Kami, warga Papua di Surabaya ikut peduli dengan musibah Gunung Semeru. Untuk itu kami berkumpul disini, mengumpulkan donasi untuk saudara-saudara kita di Lumajang. Jadi, derita masyarakat Lumajang juga derita kita, kita ikut peduli,” kata Martel Carel, menjawab pertanyaan wartawan.

Carel melanjutkan, kepedulian dan dukungan tak hanya diberikan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Jika ada musibah di daerah lain di Indonesia, pihaknya juga akan bergerak.

“Kepedulian seperti ini, tak hanya untuk warga korban erupsi Semeru. Seluruh wilayah NKRI juga menjadi bagian dari kita,” tambahnya.

Kemudian, Nandy Gire Kogoya, Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Surabaya menambahkan, yang dilakukan adalah wujud kepedulian antar sesama. Penggalangan donasi menjadi kewajiban yang dilakukan, karena masyarakat Papua juga bagian dari NKRI.

“Kita ikut merasakan musibah ini (masyarakat Lumajang yang tertimpa erupsi Gunung Semeru). Kami kumpulkan donasi dan akan kami antar sendiri (ke lokasi bencana),” kata Nendy Gire.

Terpisah Mewakili Pemerintah Kota Surabaya, Asisten Wali Kota, Ikhsan menambahkan, pihaknya sangat mendukung malam penggalangan dana yang dilakukan masyarakat Papua di Surabaya.

“Mewakili Bapak Walikota (Surabaya) dan mohon maaf karena beliau ada kegiatan lain. Saya berterima kasih dan bersyukur saudara kita Masyarakat Papua turut peduli pada saudara kita yang lain di Lumajang dan Malang yang tertimpa musibah,” kata Ikhsan. 

Bantuan dari masyarakat Papua di Surabaya yang berupa paket Sembako serta uang tunai akan segera disalurkan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru.

“Siang kami juga sudah memberangkatkan bantuan ke Lumajang dari beberapa elemen masyarakat di Surabaya. Dan, saat ini, juga akan segera kita susulkan,” katanya.

“Kami sangat mendukung, mereka warga Papua di Surabaya juga bagian dari Arek-arek Suroboyo,” pungkasnya.



M. Bahrul Marzuki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…