HUT Ke-11, Kader Lingkungan Bersama Alfamart Tanam 600 Bibit di Bamboo Mewek Park

JATIMTIMES –  Kader Lingkungan Kota Malang bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) menanam 600 bibit di Bamboo Mewek Park, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Minggu 19 Desember 2021.  Penanaman ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-11 Kader Lingkungan Kota Malang.

Ketua Kader Lingkungan Kota Malang Muhammad Zainul Arifin mengatakan, dalam kegiatan peduli lingkungan, utamanya penanaman pohon, pihaknya sering bekerjabsama dengan Alfamart. 

“Satu bulan saja kemarin, Alfamart  menyumbang 100 sampai 200 tanaman, termasuk buah. Ini sangat istimewa. Mudah-mudahan bisa terus terjalin kerja sama antara Alfamart dengan Kader Lingkungan,” ungkap Zainul kepada JatimTIMES.com, Minggu (19/12/2021). 

Ketua Kader Lingkungan Kecamatan Lowokwaru Kasiyan menambahkan, dalam kegiatan HUT ke-11 Kader Lingkungan Kota Malang ini, terdapat 600 bibit tanaman dari berbagai jenis yang ditanam di kawasan Bamboo Mewek Park. 

“Total kurang lebih 600 tanaman. Jenisnya ada pucuk merah, andong, bulu ayam, kurang lebih ada 400 tanaman. Kemudian 50 bibit pohon durian. Juga ada dari Komunitas Peduli Lingkungan membawa bibit sirsak, mahoni, beringin. Alhamdulillah sukses,” ungkap Kasiyan. 

Khusus  50 bibit pohon durian merupakan pemberian Alfamart. Puluhan bibit pohon durian tersebut merupakan permintaan dari para anggota Kader Lingkungan Kota Malang. 

Menanam pohon.

Kasiyan mengungkapkan, pihaknya meminta agar ditanam bibit  durian untuk rencana ke depan. Yakni akan membuat kampung tematik petik durian di kawasan Bamboo Mewek Park. 

“Karena untuk ke depan di sini akan dijadikan kampung tematik. Kampung wisata petik durian kedepannya,” terang Kasiyan. 

Selain itu, pada HUT Ke-11 Kader Lingkungan ini, digelar pembersihan sungai dan tanaman liar yang berada di kawasan Bamboo Mewek Park. 

Dipilihnya kawasan Bamboo Mewek Park untuk gelaran HUT ke-11 Kader Lingkungan dikarenakan permintaan dari pembina Kader Lingkungan Kota Malang Wasto. Namun, ke depannya kegiatan serupa juga akan digelar bergilir di masing-masing wilayah kecamatan di Kota Malang.

“Karena pembina Kader Lingkungan Kota Malang Pak Wasto menunjuk Kecamatan Lowokwaru harus menjadi panitia HUT Ke-11 Kader Lingkungan dan ditempatkan di Tunjungsekar, di Bamboo Mewek Park,” ujar Kasiyan. 

Sementara itu, Corporate Communications Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Malang M. Faruq Asrori menyampaikan, peran serta Alfamart dalam bekerja sama dengan Kader Lingkungan merupakan perwujudan Alfamart peduli terhadap lingkungan. 

Menanam pohon.

Hal itu termasuk enam pilar Alfamart dalam menjalankan corporate social responsibility (CSR). Yakni Alfamart Care, peduli terhadap kesehatan dan kelayakan hidup masyarakat; Alfamart Smart, ikut berperan dalam pengembangan SDM (sumber daya manusia) Indonesia;  Alfamart Vaganza, peduli dengan seni dan budaya.

Lalu Alfamart Sport, melakukan kegiatan olahraga untuk karyawan maupun masyarakat; Alfamart SMEs pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM); dan Alfamart Clean and Green, peduli terhadap lingkungan.

“Kami bersama Kader Lingkungan Kota Malang sudah berkomitmen dan sudah bekerja sama dalam pelestarian lingkungan,” ungkap Faruq. 

Program pelestarian dan kepedulian lingkungan ini juga merupakan antensi dari Alfamart pusat. Ditargetkan di seluruh Indonesia Alfamarr dapat bersinergi dengan seluruh lapisan instansi dan komunitas masyarakat untuk menanam 22 ribu pohon. 

“Target nasional kita 22 ribu pohon tertanam. Untuk Malang Raya saat ini sudah 5 ribu pohon tertanam. Itu  hasil kerja sama kami dengan banyak pihak,” pungkas Faruq. 



Tubagus Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Employee Volunteering, BPJS ketenagakerjaan Kediri dan Kanwil Jatim Tanam 10.000 Bibit Mangrove

INDONESIAONLINE – BPJS Ketenagakerjaan Kediri bersama BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim menggelar employee volunteering…

Angkat Ekonomi Warga, Pokmas Gerapat Kelurahan Tlumpu Kota Blitar Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah Melalui Program RT Keren

INDONESIAONLINE-Kreatifitas warga Kelurahan Tlumpu dalam melaksanakan implementasi program RT Keren Non Fisik…