Jangan Langsung Berdiri Seusai Salat, Usap Wajah dan Baca Doa ini, Bisa Terhindar dari Kesedihan

JATIMTIMES – Sudah menjadi anjuran bagi umat muslim untuk selalu berdoa seusai salat. Hal yang juga biasa dilakukan setelah berdoa adalah mengusap wajah.

Namun, mengusap wajah ini bukan hanya bagian dari rutinitas selepas memohon doa kepada Allah SWT. Umat muslim ketika melakukannya pun dianjurkan untuk membaca doa khusus.

 

Sebagai penutup selesainya menunaikan salat, mengusap wajah sambil membaca doa tersebut Allah SWT akan memeliharanya dari kesedihan.

Anjuran tersebut terdapat dalam Kitab I’anah Ath-Thalibin, yakni mengusap wajah setelah salat. Siapa yang mengamalkannya akan mendapat fadhilah dipelihara dari kesedihan.

Imam Nawawi dalam Kitabnya Al-Adzkar juga meriwayatkan hadist dalam Kitab Ibnus Sunni dari Sahabat Anas, dikatakan bahwa Rasulullah SAW apabila selesai melaksanakan salat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya lalu berdoa: 

بسم الله الرحمن الرحيم, بسم الله الذي لا إله إلا هو الرحمن الرحيم, اللهم أذهب عني الهم والحزن 

Bismillahir Rahmanir Rahim, Bismillahilladzi la ilaha illaa Huwar Rahmanir Rahiim, Allahumma Adzhib ‘Annil hamma wal hazan.

 

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan selainnya Dialah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Ya Allah jauhkanlah diriku dari kegelisahan (kejenuhan/sumpek) dan kesedihan. (Riwayat Imam Al-Khatib).

Adapun, cara untuk melakukannya, setelah memberi salam ketika salat, usapkan telapak tangan kanan ke wajah sembari membaca doa di atas. Keutamaan doa ini dapat menjauhkan diri dari musibah, keraguan, kegelisahan dan perasaan tidak tenteram yang membuat diri merasa sedih atau berduka.



Arifina Cahyati Firdausi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha 2022 Sore Ini

INDONESIAONLINE – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan dilaksanakannya…

Dibunuh 70 Kali dan Tetap Hidup, Begini Kisah Nabi Jirjis yang Melawan Raja Kafir dan Meninggal Syahid

JATIMTIMES – Kisah Nabi Jirjis, sangatlah menarik. Sebab, ia pernah dibunuh oleh…