Wabup Tulungagung Hadiri Rakor Sektoral Ops Lilin Semeru 2021

JATIMTIMES – Dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Tulungagung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral yang bertempat di Gedung Prajamusti Kantor Pemkab Tulungagung, Senin (20/12/2021).

Rakor lintas sektoral itu, dipimpin oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, didampingi oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Kasdim 0807 Tulungagung dan Sekda Kabupaten Tulungagung.

Gatut Sunu Wibowo mengatakan, rapat koordinasi sektoral ops lilin semeru 2021 adalah upaya merumuskan sebuah program dalam rangka pengamanan natal tahun 2021 dan malam tahun baru 2022.

Menurut Gatut, rapat koordinasi sektoral juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas TNI/Polri, Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam menciptakan suasana kamtibmas di Tulungagung yang aman dan kondusif.

“Serta merumuskan langkah-langkah konkrit dalam rangka menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di tengah pandemi Covid-19 di Tulungagung,” kata Gatut Sunu. 

Di tempat yang sama, AKBP Handono Subiakto mengatakan, rapat koordinasi sektoral ini merupakan hal yang penting. Walaupun di wilayah Kabupaten Tulungagung dalam kondisi aman-aman saja, tetapi semuanya harus selalu waspada, tidak boleh menganggap sepele meski dalam kondisi aman.

“Tentunya aparat keamanan dalam melakukan pengamanan harus bersinergi dengan penyelenggara kegiatan,” kata Handono.

Pelaksanaan perayaan malam tahun baru, lanjut Handono, merupakan salah satu momen yang mengundang kerumunan masyarakat untuk mendatangi tempat pertokoan, wisata dan tempat kerumunan lainnya di wilayah tulungagung. Oleh sebab itu, Polres Tulungagung melaksanakan koordinasi dalam pengamanan Natal dan Perayaan malam Tahun Baru sehingga dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan penyebaran Covid-19.
 
“Untuk itu kami mengharapkan juga kepada OPD terkait dapat memberikan dukungan terhadap kegiatan ini sehingga dapat terwujud situasi yang aman di wilayah Kabupaten Tulungagung,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebagai upaya pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2021, Polres Tulungagung akan mendirikan 6 Pos PAM yakni, Pos pam lembupeteng, Pos Pam Bandung, Pos Pam Besuki, Pos Pam Ngantru Pos pam  Ngujang 2 dan pos pam Ngunut. Sedangkan Pos YAN terdiri dari 2 yaitu Pos YAN terminal dan stasiun serta – Pos Pantau di gereja Katolik Santa Maria.

Dalam acara koordinasi sektoral ops. lilin Semeru 2021, Polres Tulungagung juga mengundang Karumkit Bhayangkara, Pasiops Kodim 0807, PJU Polres Tulungagung, kapolsek jajaran, Kadinkes, Kabakesbangpol, Kasat Pol PP, Kadishub, Kadinbudpar, Direktur RSU dr. Iskak Tulungagung, Kepala BPBD, Komandan Subdenpom V/1-6 Tulungagung, Koordinator Terminal Gayatri, Ka UPT P3LL dan AJ Tulungagung, Ka Stasiun Tulungagung, Manager PLN, Kepala Kemenag, Ketua Bamag, Ketua MUI, Ketua Tanfidziyah PC NU, Ketua FKUG, Ketua GP Ansor, Ketua Kokam PD Muhamadiyah, pimpinan Gereja Santa Maria, para ketua Instansi terkait, pengelola Pantai dan para pimpinan Gereja se-Tulungagung.



Muhamad Muhsin Sururi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Perkembangan Cukup Cepat, Bapenda UPT Singosari Pantau Pertumbuhan Potensi Pajak di Mulyoagung

INDONESIAONLINE – Upaya untuk mencapai target pajak terus digenjot oleh Badan Pendapatan…