Jember Heboh, Muncul Surat Bawaslu soal Kecurangan di Pilkada

JATIMTIMES – Dunia politik di Jember heboh. Hal itu terkait beredarnya surat  dengan logo Bawaslu Jatim dengan nomor surat 0426/K.JI/HM.00/XII/2021 yang ditujukan kepada pasangan calon bupati Hj. Faida MMR dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Vian).

Inti dalam surat tersebut menyatakan adanya surat permohonan dari KPUD Jember untuk memfasilitasi putusan Mahkamah Agung (MA) terkait adanya pelanggaran secara TSM (terstruktur sistematis dan masif) yang dilakukan oleh salah satu calon.

 

Surat tertanggal 14 Desember 2021 tersebut juga menjadwalkan kegiatan pertemuan di salah satu hotel di Sidoarjo yang digelar hari ini, Rabu (22/12/2031), dengan agenda membahas pelanggatan TSM tersebut.

M. Hanafi, komisioner KPUD Jember, yang  sempat dikonfirmasi jatimTIMES mengatakan bahwa KPUD Jember belum pernah berkirim surat ke Bawaslu  Jatim terkait hal ini.

“Yang jelas kami tidak pernah berkirim surat ke Bawaslu Jawa Timur tentang hal sebagaimana dimaksud dalam surat itu. Untuk lebih jelasnya, bisa tanya ke ketua,” ujar Hanafi. 

M. Syaiin, ketua KPUD Kabupaten Jember, saat dikonfirmasi terkait surat tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih koordinasi dengan KPU Propinsi Jatim. “Kami masih koordinasi dengan KPU Provinsi Jatim terkait dengan surat itu, Mas,” ujar dia.

Sementata, Bupati Jember  Hendy Siswanto saat dimintai pendapatnya terkait surat yang beredar di berbagai WAG (grup Whatsapp) yang menyatakan adanya pelanggaran TSM enggan memberikan tanggapan. “Tidak ada komentar terkait surat tersebut,” ucap bupati.

 

Begitu juga dengan Faida saat dikonfirmasi terkait beredarnya surat tersebut. Faida  tidak memberikan respons.

Namun sampai berita ini ditulis, banyak pihak yang meragukan keaslian dan keabsahan  surat yang beredar di berbagai grup Whatsapp itu. Apalagi, gugatan sengketa pemilu bukan ranah Mahkamah Agung, tapi Mahkamah Konstitusi.

 



Moh. Ali Mahrus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Teratas Ungguli Jenderal Andika dan Dudung, Dinilai Paling Berintegritas

INDONESIAONLINE – Hasil survei lembaga Dinamika Survei Indonesia (DSI) menyebut bahwa Menteri…

Dua Parpol Baru Bakal Daftar di Hari Pertama Peserta Pemilu 2024 Kota Batu

INDONESIAONLINE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi mengumumkan pendaftaran partai…