Cuitan Putri Gus Dur Kenang Mbah Moen Viral, Sosok “Bayangan” di Bajunya Disebut Mirip Bung Karno hingga KH Hasyim Asy’ari

JATIMTIMES Muktamar Ke-34 NU telah resmi digelar sejak kemarin Rabu (22/12/2021) dan akan berakhir hari ini Kamis (23/12/2021). Di hari terakhir, muktamar organisasi para Kiai ini dijadwalkan memasuki agenda terpenting muktamar, yakni pemilihan Ketua Umum dan Rais Aam yang baru.

Berbicara tentang Muktamar NU, salah 1 putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yakni Alissa Wahid mengenang sosok KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen. Melalui akun Twitter pribadinya @AlissaWahid, ia mengenang Mbah Moen saat di acara pembukaan Muktamar NU 6 tahun lalu di Jombang. “Besoknya, salah satu putra beliau bertanya apakah saya yang memotret. Saya jawab iya. Lalu beliau bertanya “mba Lissa lihat gambar bayangan di baju Mbah?” tulis Alissa. 

Dalam cuitannya, Alissa menyertakan cuitan pada 1 Agustus 2015 silam. Di cuitan itu, Alissa mengunggah foto Mbah Moen dalam posisi berdiri untuk ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

“Mau nangis melihat Kyai Maimoen Zubair yg berkursiroda memaksa berdiri utk menyanyikan Indonesia Raya. #MuktamarNU,” tulis Alissa di cuitannya pada 1 Agustus 2015. 

Selanjutnya, Alissa melanjutkan jika saat pembukaan Muktamar di Jombang dirinya ndeprok di hadapan Mbah Moen. “Nyuwun beliau untuk tausiyah esok harinya di Musyawarah Kaum Muda NU, side event Muktamar.  Dan Beliau berkenan..

Saya bahagia tak terhingga. Cemas juga, krn acaranya benar2 apa adanya. Tanpa modal..,” cerita Alissa. 

Kemudian Alissa mengatakan jika keesokan harinya Mbah Moen datang di tausiyah yang dihadiri ratusan anak muda NU. Dikatakan Alissa, saat itu Mbah Moen menyampaikan orasi yang luar biasa mengenai sejarah Islam, NU, corak Islam di Indonesia yang cinta Tanah Air. 

Di samping itu, sosok ‘bayangan’ di baju Mbah Moen menjadi perbincangan warganet usai Alissa menuliskan pertanyaan dari putra beliau. 

Beberapa warganet menyebut bayangan di baju Mbah Moen sekilas mirip dengan Presiden ke-1 RI Soekarno. Namun ada pula yang menyebut mirip dengan KH Wahab Chasbullah, KH Hasyim As’yar, hingga Bung Tomo. 

@ryanherrr: “Sekilas bayangan nya mirip peci pak karno ya mba.”

@kesiurangin: “Kalau aku cermati lagi, itu KH Wahab Chasbullah. Di acara mbak @AlissaWahid pagi itu (Kaum Muda NU), aku masih inget, beliau Allahuyarham bercerita tentang Mbah Wahab dengan sangat bangga. Menceritakan keterkaitan antara NU, Nasionalisme dan Indonesia.”

@syaekhbenmasn: “Sekilas mirip mbah wahab, ada imamah dan kacamata.”

@barack_assalafi: “mirip BUNG TOMO.”

@JangkarNusa: “Foto kedua jelas banget, sekilas mirip Bung Tomo.”

@masrud_: “bayangannya spt Hadrotusyekh KH Hasyim Asy’ari.”

@gohoMJ: “Mbah Hasyim Asy’ari menundukkan kepala. Bila saya keliru semoga dimaafkan. 

Untuk beliau berdua, Alfatihah…”



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kisah Perempuan Ketua Pasukan Janda Berhasil Bunuh Pemimpin Belanda dalam Duel Satu Lawan Satu

INDONESIAONLINE – Indonesia memiliki banyak pejuang saat menumpas para penjajah pada zaman…

Nyi Roro Kidul Disebut Ratu Pantai Selatan, Ini Yang Sebenarnya

JATIMTIMES – Sosok Nyi Roro Kidul yang biasanya kerap terdengar di kalangan…