Sate Rahim Sapi Kuliner Unik Jombang Sejak Zaman Kolonial, Rasaya Bikin Nagih

JATIMTIMES – Beragam kuliner unik dan melegenda ada di Kabupaten Jombang. Salah satunya pecel sate rahim sapi. Kuliner tergolong nyeleneh ini sudah ada sejak zaman penjajahan atau sebelum Indonesia merdeka.

Kuliner unik yang satu ini menjadi menu andalan warung pecel sate Mbah Khasanah, yang berada di Jalan KH Mimbar gang 2, Dusun Sambongduran, Desa/Kecamatan Jombang. Bahan bagian rahim sapi dipilih khusus oleh Mbah Khasanah karena memiliki rasa gurih dan bertekstur kenyal.

Tidak seperti sate pada umumnya, sate berbahan rahim sapi atau biasa disebut uritan itu tidak diolah dengan bumbu kecap. Melainkan, menggunakan bumbu kuning yang diracik khusus. “Pakai bahan sapi bagian uritan. Tempat calon bayi sapi atau bagian kandungan (rahim, red) sapi,” ujarnya saat ditemui di warungnya, Kamis (23/12).

Setiap satu tusuk sate berisi 3 potong rahim sapi dan 1 potong gajih. Sate diolah dengan cara dilumuri bumbu kuning racikan rahasia Mbah Khasanah.

Selain bahan, cara penyajiannya juga berbeda dengan sate pada umumnya. Sate rahim sapi ini disajikan dengan nasi dan disiram pakai bumbu pecel, ditambah serundeng dan sayur cambah. “Resepnya dari dulu ya gini. Pakai pecel, serundeng dan sayurnya cambah,” kata Mbah Khasanah.

Sate Rahim Sapi

Untuk menikmati seporsi nasi pecel dan 5 tusuk sate rahim sapi ini, cukup membayar Rp 15.000 saja. Sedangkan untuk membeli 10 tusuk sate tanpa nasi, dibanderol dengan harga Rp 20.000.

Warung Mbah Khasanah ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-11.00 WIB. Kuliner unik satu ini tergolong melegenda. Menu pecel sate rahim sapi ini sudah buka sejak tahun 1937.

Mbah Khasanah merupakan generasi kedua yang meneruskan orang tuanya pada tahun 1976 hingga sekarang. “Saya mulai sejak tahun 1976. Sebelumnya mbah saya tahun 1937, zaman perang sebelum merdeka,” terangnya.

Meski lokasinya tergolong nyempil, menu pecel dengan lauk sate rahim sapi ini menjadi menu sarapan bagi kalangan warga Kota Santri.¬† Seperti salah satunya Achmad Riza Wad’ullah (30).

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh, Jombang ini sesekali waktu mampir di warung Mbah Khasanah. Menurutnya, pecel sate rahim sapi ini sangat unik dan enak. “Beberapa kali sarapan di sini. Menunya unik, enak dan bikin ketagihan,” pungkasnya.



Adi Rosul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sensasi Olahan Cabai Terpedas di Dunia, Kedai di Kota Malang ini Sajikan Carolina Reaper

JATIMTIMES – Menyandang predikat sebagai salah satu cabai terpedas di dunia, nama…

Lodeh Rebung Blendrang, Nagih di Lidah Orang Tulungagung

INDONESIAONLINE - Tunas bambu yang masih muda atau dikenal dengan nama rebung…