Tak Sekedar Penambah Sedap Sayur Sop, Sederet Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

JATIMTIMES – Mendengar daun seledri, tentu yang biasa muncul di benak adalah penambah rasa sedap untuk sayuran. Sop, bakso, soto dan aneka hidangan berkuah lainnya kerap memakai bahan makanan ini sebagai penunjang rasa. Seakan tak lengkap tanpa daun seledri.

Tapi, ternyata seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Jadi, tak hanya kesedar penunjang rasa makanan yang kalian buat saja. Kandungan apium graveolens di dalamnya, membuat daun, biji dan ekstrak minyaknya dapat digunakan sebagai obat. 

Seledri juga mengandung fitokimia antioksidan,  nutrisi dan vitamin lain yang sangat beraneka manfaatnya. Apa saja?

1. Menurunkan Berat Badan

Selain sebagai salah satu penyedap rasa, seledri bisa untuk menurunkan berat badan lho. Kandungan di dalamnya, mampu untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Cara mengonsumsinya dengan dibuat sebagai jus. Kalori dalam setengah liter jus seledri hanya mengandung 85 kalori saja. Dengan jus batang seledri yang segar, Anda dapat menjadikannya minuman sehat saat diet.

2. Menyehatkan Jantung

Batang seledri memiliki manfaat untuk menurunkan hormon stres sehingga tekanan darah turun. Kandungan 3-N-butylphthalide juga dapat menurunkan kolesterol jahat yang sehat untuk jantung. Untuk mengkonsumsinya, bisa dengan membuat jus atau mengekstraksi menjadi minyak.

3. Cegah Batu Ginjal

Menjadi salah satu minuman herbal, seledri dapat melarutkan batu ginjal. Ekstrak dari seledri juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Selain itu seledri juga dapat memperlancar buang air kecil dan menghilangkan gejala kencing darah pada penderita penyakit ini. Kandungan flavonoid di dalamya yang menjadikan seledri baik untuk kesehatan ginjal.

4. Jaga Imunitas

Menjaga imunitas menjadi hal penting saat ini. Seledri, salah satu yang bisa dikonsumsi. Antioksidan tinggi dalam seledri dapat menangkal radikal bebas. Sehingga, dapat mengurangi perkembangan penyakit dalam tubuh. Seledri juga mengandung anti inflamasi atau anti-radang. 

Kandungan apigenin yang ada juga dapat mengurangi peradangan dan mengembalikan kekebalan tubuh. Seledri juga mengandung vitamin K, A, C, folat, dan kalium yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Berbagai kandungan dari tanaman berwarna hijau yang biasanya hanya menjadi pelengkap makanan ini ternyata ampuh mengurangi risiko penyakit kanker. Seledri memiliki zat antikanker, kandungan luteolin inilah yang bersifat anti-kanker dan dapat mencegah penyebaran sel kanker. 



Arifina Cahyati Firdausi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…