Dituntut 10 Bulan, Pencuri HP Minta Keringanan Hukuman

JATIMTIMES – Penyesalan selalu datang belakangan. Hal itulah yang dialami Budi Susilo, saat menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Gresik, Senin (27/12/2021).

Budi Susilo dituntut hukuman 10 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Faris Almer Romadhona. Terdakwa dianggap terbukti melanggar pasal 362 KUHP.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa mengaku sangat menyesal telah mencuri handphone yang membuat dirinya mendekam di sel tahanan. Apalagi, istrinya sedang sakit-sakitan.

“Baru sekali ini yang mulia, saya mengaku salah. Mohon keringanan hukuman. Kasihan istri saya,” kata terdakwa ketika menjalani sidang secara virtual.

Majelis hakim yang diketuai Ari Karlina akan menjatuhkan hukuman pada pekan depan. Pihaknya akan mendiskusikan dengan kedua hakim anggotanya.

“Sidang ditunda pekan depan. Terdakwa tetap berada di dalam tahanan,” pungkas Karlina menutup persidangan.

Diketahui, aksi pencurian terjadi pada 20 Agustus 2021 lalu. Terdakwa Budi Susilo berangkat dari rumahnya Desa Porodeso, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, menuju Surabaya.

Dalam perjalanan ke Kota Pahlawan, dirinya mampir ke warung kopi suramadu di Jalan Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Di warung milik Silvina Afrina Rahayu tersebut, awalnya terdakwa akan membeli rokok. Kemudian, korban masuk ke rumahnya dan meninggalkan handphone di atas meja.

Karena ada kesempatan, alat komunikasi tersebut langsung diambil dan buru-buru meninggalkan lokasi. Untungnya, korban mengetahui bahwa barang miliknya telah dicuri, sehingga langsung teriak maling. 

Sejumlah orang di sekitar lokasi langsung merespons cepat, dan berhasil mengamankan terdakwa beserta barang buktinya.



Syaifuddin Anam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Digerebek Polisi, Wanita Cantik Blitar Ditinggal Kabur Suaminya Saat Pesta Sabu

Tersangka SN diamankan Polres Blitar Kota setelah tertangkap nyabu bareng suami.(Foto :…

Polisi Selidiki Kasus Perundungan, Sejumlah Saksi sudah Diperiksa

INDONESIAONLINE – Penyelidikan kasus perundungan yang dilakukan sejumlah pemuda dengan korban berinisial…