Obati Kerinduan Warga Banyuwangi, Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Sukses Digelar

JATIMTIMES – Menjelang akhir 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi berhasil mengobati kerinduan masyarakat untuk menyaksikan tari Gandrung Sewu. Kerinduan itu dibayar melalui gelaran Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Tahun 2021 di Pendapa Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi pada Selasa (28/12/2021).

Gelaran secara Hybrid tersebut melibatkan para penari Gandrung dari Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) yang ada di beberapa kabupaten/kota di Indonesia. Antara lain Nabire Provinsi (Prov) Papua, Tarakan (Kalimantan), Sumatera Selatan, Lampung, Surabaya, Jember, DKI Jakarta dan Provinsi Bali.

Bahkan, beberapa perwakilan Ikawangi dari beberapa provinsi ikut hadir secara langsung di Pendapa untuk menyaksikan Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Tahun 2021 bersama Bupati Banyuwangi, perwakilan Forkopimda Banyuwangi, Sekda Kabupaten Banyuwangi, beberapa pejabat, Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Banyuwangi, seniman budayawan  dan beberapa undangan lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparkeraf RI Sandiaga Salahudin Uno yang memberikan sambutan secara virtual antara lain mengungkapkan, masyarakat Banyuwangi memiliki kearifan lokal dalam menjaga, memelihara dan melestarikan Tari Gandrung sebagai warisan seni budaya leluhur.

“Sekaligus untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Banyuwangi dan dunia serta sebagai alat promosi wisata yang mampu menggerakkan, menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi rakyat dalam masa pendemi saat ini,” ujar Sandiaga Uno.

Menteri  yang hobi olahraga lari ini memberikan ucapan Selamat Hari Jadi Banyuwangi ke 250 dan mendoakan semoga Banyuwangi tambah mewangi tambah inovatif kreatif dan jaya serta sejahtera.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengungkapkan, setelah pada 2020 lalu Banyuwangi tidak bisa menggelar Gandrung Sewu karena pandemi, tahun ini pemerintah mencoba menampilkan dengan kemasan lain dan melibatkan penari Gandrung dari kabupaten/kota lain.

Ternyata, sambutan masyarakat luar biasa. Bukan hanya masyarakat yang ada di wilayah Banyuwangi, tetapi warga Banyuwangi yang tergabung dalam Ikawangi memberikan support dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Tahun 2021.

“Dengan adanya gelaran ini kami berharap mampu menjaga dan melestarikan warisan seni budaya, mampu menggerakkan ekonomi masyarakat namun tetap waspada terhadap penyebaran varian baru Covid dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes)  yang ditetapkan,” jelas Bupati Ipuk.

Dalam acara tersebut, Bupati Banyuwangi menyapa peserta Spectacular Virtual Concert Gandrung Sewu Nusantara Tahun 2021 yang ada di nusantara seperti Papua, Sumatera Selatan dan lain  sebagainya.



Nurhadi Joyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tempat Baru Pusaka Kyai Upas Dinilai Tak Pantas, Keluarga Besar Majan Minta Dikembalikan

JATIMTIMES – Keberadaan tombak legendaris di Kabupaten Tulungagung, yakni Kyai Upas kini…