Sedang Mengalami Insomnia Parah? Bacalah Doa yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Ini

JATIMTIMES – Sebagian besar orang mengalami kesulitan tidur atau insomnia setelah menjalani aktivitas sehari-hari. Padahal, tubuh terasa capek dan letih setelah berkegiatan. Parahnya, insomnia yang ini muncul dalam jangka panjang dan setiap hari. Tak ayal, hal ini cukup mengganggu, lantaran kebutuhan istirahat tak tercukupi dengan baik.

Namun, bagi seorang muslim, ketika tengah mengalami insomnia dan ingin merasa lebih tenang bisa dengan membaca doa. Yakni, doa khusus yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Dengan membaca doa ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati dan dimudahkan untuk tidur. Hal itu diceritakan dalam kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang mengalami insomnia.

Dia adalah, Zaid bin Tsabit. Diceritakan dalam kitab Ibnus Sunni, Zaid mengeluh tentang insomnia yang dialaminya setiap malam kepada Rasulullah SAW. Lalu, saat itu Rasulullah SAW mengajari Zaid bin Tsabit sebuah doa agar terlepas dari gangguan sulit tidur.

Berikut doanya: 

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ 

Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada’atil ‘uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta’khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi’i lailii wa anim ‘aini.

Artinya : “Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. Tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. Wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku”.

Atas anjuran ini, Zaid bin Tsabit pun membaca doa tersebut. Atas izin Allah SWT, Zaid pun bisa menghilangkan gangguan sulit tidur yang dideritanya.



Arifina Cahyati Firdausi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha 2022 Sore Ini

INDONESIAONLINE – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan dilaksanakannya…

Dibunuh 70 Kali dan Tetap Hidup, Begini Kisah Nabi Jirjis yang Melawan Raja Kafir dan Meninggal Syahid

JATIMTIMES – Kisah Nabi Jirjis, sangatlah menarik. Sebab, ia pernah dibunuh oleh…