Tingkatkan Layanan Pekerja Migran, Menaker Ida Resmikan LTSA di Blitar

Menaker Ida Fauziah meresmikan LTSA di Kantor Disnaker Kabupaten Blitar.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES – Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah meresmikan Layanan Terpusat Satu Pintu (LTSA) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Selasa (28/12/2021). LTSA diperuntukkan bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk mengurus semua  dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

Dalam kesempatan tersebut Ida menyampaikan, Kabupaten Blitar adalah daerah yang membutuhkan LTSA. Hal ini karena Kabupaten Blitar merupakan daerah dengan jumlah PMI terbanyak nomor tiga se-Indonesia.

“Kabupaten Blitar perlu memiliki LTSA. Keberadaan LTSA akan membuat pelayanan menjadi lebih efektif, efisien dan transparan,” kata Ida.

Ida menambahkan, LTSA diharapkan akan dapat mengurangi jumlah PMI ilegal. Dengan LTSA ini PMI akan dapat mengurus segala urusan dokumennya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga ke depan keberadaan PMI ilegal akan dapat terkurangi.

“Biasanya tiadanya perlindungan diawali dengan tanpa memenuhi prosedur. Jadi di LTSA ini nantinya ada pelayanan mulai dari data kependudukan, cek kesehatan, imigrasi, kepolisian termasuk pengurusan perlindungan dari BPJAMSOSTEK dilakukan satu atap. Kalau dulu kan ke masing-masing instansi itu butuh waktu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak sesuai prosedur,” tandas Ida. 

Dalam kesempatan ini Ida juga sempat berbincang dengan sejumlah calon PMI yang sedang mengurus persyaratan di Disnaker Blitar.

Sementara itu Bupati Blitar, Rini Syarifah dalam kesempatan ini menyampaikan, Kabupaten Blitar didorong untuk membentuk kantor layanan terpadu satu atap di Sumatera Utara. Karena penduduk Kabupaten Blitar banyak yang bekerja sebagai PMI.

“Kita patut berbangga karena Kantor Layanan Terpadu Satu Atap di Kabupaten Blitar. Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah hadir untuk melayani masyarakat, khususnya melayani PMI yang ada di Kabupaten Blitar,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Blitar.



Aunur Rofiq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Perkembangan Cukup Cepat, Bapenda UPT Singosari Pantau Pertumbuhan Potensi Pajak di Mulyoagung

INDONESIAONLINE – Upaya untuk mencapai target pajak terus digenjot oleh Badan Pendapatan…