Aliran Listrik dan Air Diputus, Pasar Kota Batu Ditutup

JATIMTIMES – Relokasi bagi pedagang Pasar Kota Batu akan berakhir Kamis (30/12/2021) hingga pukul 17.00 WIB. Pasalnya, pemadaman listrik mulai dilakukan di jam tersebut. Tak hanya pemadaman listrik, aliran air juga akan diputus di pasar Kota Batu.

Hal ini dibenarkan Cairo Latif Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu. “Iya pemadaman listrik juga aliran air akan diputus. Pemkot Batu telah memberikan kelonggaran waktu yang cukup lama juga,” ucapnya.

Seharusnya jika sesuai dengan jadwal waktu untuk relokasi hanya berlangsung pada 18-25 Desember 2021. Namun. banyak pedagang yang masih menunggu proses pembongkaran berlangsung dan pemenang tender pembangunan Pasar Induk Kota Batu.

Banyak dari mereka setelah mengetahui pemenang tender oleh PT Sasmito baru melakukan persiapan untuk relokasi. “Terhitung mulai Kamis pukul 24.00 WIB seluruh aktivitas pedagang beralih ke tempat relokasi di Stadion Brantas,” tambah Latif.

Dengan beralihnya aktivitas pedagang di tempat pasar relokasi, sehingga akan ditutup. Selama pasar ditutup akan dilakukan penjagaan oleh petugas TNI, Polri, dan Satpol PP.

“Besok (Jumat) pasar sudah ditutup, dengan penjagaan. Terkecuali petugas yang melakukan pembongkaran,” ujar Latif yang juga pengusaha ini.

Sementara itu proses pengosongan kios oleh pedagang hanya menyisakan dua kios yang sedang mengangkut barang mereka untuk ke tempat relokasi. Sedangkan petugas Satpol PP bertugas menjaga di beberapa pintu masuk.

Sementara itu proses pembongkaran atau pemerataan bangunan Pasar Kota Batu diperkirakan berlangsung selama dua bulan mendatang. Proses pembongkaran itu baru dimulai pada Minggu (26/12/2021) yang dimulai dari unit 4.

Pembongkaran mulai dilakukan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengumumkan pemenang tender pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Pengumuman itu telah diinformasikan melalui halaman lpse.pu.go.id. Terlihat nama tender pembangunan Pasar Induk Kota Batu, dengan jenis pengadaan pekerjaan kontruksi, K/I.PD, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Satuan kerja, pelaksanaan prasarana permukiman wilayah II Provinsi Jatim. Dengan pagu, Rp 199.987.540.000.00, dan HPS Rp 199.987.540.000.00. Di sana juga tertera alamat pemenang PT Sasmito, YXP BLOK PSI – 8 /OI, Penjaringan Sari, Rungkut Surabaya Jawa Timur.



Irsya Richa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…