Unikama Gelar Semnas Penelitian Dampak Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat

JATIMTIMES – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Seminar Nasional Penelitian Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa, (29-30/12/2021).

Tokoh nasional, mulai dari Reviewer Penelitian Nasional, Prof Drs Agus Subektin MSc PhD; Staf Ahli Direktorat Sumberdaya Ditjen Dikti Ristek Kemendikbudristek
Prof Dr Med Vet drh Raden Wisnu Nurcahyo; Riviewer PKM Nasional dan Puspresnas (LIDM) Dr rer nat I Wayan Karyasa SPd MSc, hingga Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Dr Ir Paristiyanti Nurwaedani M.P, dihadirkan untuk memberikan materi.

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi, menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekretariat Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidian Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Ditjendikti ristek, Kemdikbud Ristek) telah mempercayai Unikama pada bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS.

Kegiatan yang tentunya menghasilkan luaran yang positif ini, akan sangat bermanfaat dalam pengembangan dan meningkatkan kualitas pendidikan ke depan. Selain itu, melalui kegiatan ini, tentunya dapat memberi gambaran mengenai pelaksanaan MBKM dalam penelitian dan pengabdian dari lingkup Unikama kepada masyarakat yang lebih luas.

“Terima kasih atas kepercayaannya. Kami bersyukur Seminar Nasional Penelitian Dampak Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa dapat diselenggarakan sesuai jadwal yang direncanakan dengan baik,” tuturnya.

Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr Ir Enike Dwi Kusumawati SPt MP IPM menambahkan, dalam program ini Unikama telah  melakukan aktivitas penelitian dampak implementasi MBKM. 
Dalam prosesnya, Unikama turut melibatkan banyak pihak dalam melakukan survey populasi.

“Melibatkan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan dan mitra, baik PT maupun non PT pada tingkat Prodi, Fakultas dan Universitas dengan 16 penelitian di tingkat Prodi, 6 penelitian di tingkat Fakultas dan 1 Penelitian di tingkat Universitas,” paparnya.

Selain itu Unikama juga telah melakukan seleksi penelitian terbaik. Dari situ, terdapat 4 penelitian terpilih yang telah selesai dilaksanakan dan paling layak dijadikan pengabdian kepada masyarakat. 

Adapun luaran yang telah tercapai yaitu 24 draft artikel dampak MBKM (prodi, fakulitas, universitas), 4 Purwarupa teruji di lingkungan sebenarnya (masyarakat), 4 Draft artikel dampak penerapan purwarupa terbaik Unikama di masyarakat sasaran, dan publikasi di media massa nasional.
     
“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada Sekretariat Ditjen dikti ristek atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk menjalankan amanah pada program bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS,” terangnya.

Pihaknya turut menyampaikan, rasa terimakasih atas support dan keterlibatan seluruh pihak dalam penelitian dan pengabdian, sehingga dalam prosesnya bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.



Anggara Sudiongko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…