Didominasi Warga Jatim, Okupansi Vila Songgoriti Tembus 80 Persen

JATIMTIMES – Pergantian malam tahun baru membawa berkah bagi pemilik vila di kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Ya okupansi sejak pergantian malam tahun baru hingga saat ini mencapai 80 persen.

Kondisi jelas berbeda dengan pandemi Covid-19 pada tahun sebelumnya yang cenderung sepi dari kunjungan wisatawan. “Okupansi saat ini sudah 80 persen di Vila Songgoriti,” ungkap Ketua Paguyuban Vila Supo Songgoriti, Indra Tri Ariyono.

Sedangkan pada pergantian tahun sebelumnya okupansi hanya mencapai 40 persen. Meski saat ini okupansi bisa sampai 80 persen pengunjung yang mendominasi dari wilayah Jawa Timur.

“Kalau sekarang lebih ramai, malah 2 kali lipatnya dari tahun lalu. Walaupun tamunya lokal Jawa Timur,” ujar Indra, Minggu (2/1/2022). Dengan tingginya kunjungan di Vila Songgoriti, tentunya membuat pemilik vila memasang tarif hingga dua kali lipat.

Misalnya untuk 1 vila yang isinya 3 kamar dari harga normal Rp 400 ribu per malamnya, sekarang naik dari Rp 800 ribu sampai Rp 1,3 juta. Melihat rata-rata kunjungan dari wilayah Jatim, untuk mencegah penyebaran Covid-19 para pemilik vila juga menerapkan protokol kesehatan.

Mulai dari pengelola mencatat kartu identitas tamu, lalu menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di luar ruangan. “Pengelola, pemilik, ataupun penyewa harus atau wajib menggunakan masker ketika berinteraksi,” tambah Indra.

Selain itu pemilik atau pengelola wajib mensterilkan ruangan setelah digunakan oleh tamu tersebut, disemprot menggunakan cairan disinfektan. Kemudian pengelola yang berinteraksi juga harus menggunakan sarung tangan saat melakukan pembersihan. 

Sementara itu, okupansi hotel hingga saat ini mencapai 70 persen di Kota Batu. Rata-rata pengunjung memilih langsung memesan kamar timbang melakukan booking terlebih dahulu.



Irsya Richa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sinergi dengan ASIDEWI, Pemkot Blitar Luncurkan City Tour Jas Merah Bumi Bung Karno

Kawasan wisata Makam Bung Karno.(Foto : Team JATIMTIMES) JATIMTIMES – Pemerintah Kota…

Bupati Banyuwangi Ipuk Ingatkan Waspada Omicron saat Liburan

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu…