Doa agar Dimudahkan dalam Melunasi Utang Menurut Anjuran Rasulullah

JATIMTIMES – Utang merupakan sesuatu yang dipinjam, baik berupa uang maupun benda. Dan, banyak orang pernah melakukan hal tersebut karena berbagai faktor, seperti perekonomian yang kurang. 

Memiliki utang membuat kita terus kepikiran karena merasa punya tanggungan yang harus diselesaikan.  Apalagi jika utang tersebut dalam jumlah banyak. Pasti kita berpikir kapan dan bagaimana agar utang tersebut bisa segera lunas. 

Melafalkan doa pelunas utang tidak serta-merta membuat seluruh utang bisa lunas begitu saja. Doa yang dibarengi usaha akan mempermudah jalan bagi kalian yang memiliki utang. 

Utang, apa pun bentuknya, tetap harus dibayar sesuai apa yang menjadi bahan utang tersebut. Misalnya, utang uang dibayar dengan uang, utang janji dibayar dengan menepatinya, utang puasa dibayar dengan menjalani puasa dan banyak lagi.

Agama mana pun mengajarkan bahwa segala bentuk utang piutang wajib dilunasi. Sekalipun orang yang bersangkutan sudah meninggal dunia, pihak keluarga harus membayarkan utang tersebut.

Doa saat terjerat utang

Rasa khawatir, gelisah atau tidak tenang menjalani hidup kerap dialami orang-orang yang memiliki utang. Melansir melalui NU Online, bahayanya utang yang tidak terselesaikan di dunia akan berlanjut sampai ke akhirat. 

“Allah mengampuni semua dosa orang mati syahid kecuali utang.” (HR Muslim)

Rasullullah mengajarkan untuk selalu berlindung kepada Allah apa pun masalahnya, termasuk kegelisahan saat punya utang. Yakni dengan membaca doa berikut sambil dibarengi usaha.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allâhumma innî a’ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a’ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a’ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a’ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.”

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Doa setelah melunasi utang

Jika sudah berusaha hingga mampu melunasi utang piutang, jangan lupa untuk membaca doa pelunas utang seperti yang diperintahkan Rasul sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

“Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika, wa jazâka khairan.”

Artinya:
“Semoga Allah menurunkan keberkahan bagimu terutama untuk keluarga dan hartamu. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan-Nya.”

Membaca doa pelunas utang ini adalah bentuk terima kasih serta rasa syukur dari orang yang berutang kepada yang memberi utang karena sudah melunasinya.



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha 2022 Sore Ini

INDONESIAONLINE – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan dilaksanakannya…

Dibunuh 70 Kali dan Tetap Hidup, Begini Kisah Nabi Jirjis yang Melawan Raja Kafir dan Meninggal Syahid

JATIMTIMES – Kisah Nabi Jirjis, sangatlah menarik. Sebab, ia pernah dibunuh oleh…