Wisata Banyuwangi Kembali Buka, Pengunjung Fish Market Kampoeng Mandar Meningkat

JATIMTIMES – Berdasarkan evaluasi setelah sekitar dua bulan wisata Banyuwangi dibuka, kembali perkembangan jumlah kunjungan wisatawan ke Fish Market Kampoeng Mandar di Kelurahan Kampung Mandar Banyuwangi Jawa Timur mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Menurut Hilmansyah, salah seorang tokoh pemuda Kampung Mandar rata-rata jumlah pengunjung pada hari biasa sekitar 100 orang. Sedangkan dalam akhir pekan berkisar 200 sampai dengan 300 pengunjung.

Dia menuturkan untuk penjualan ikan di Market Fish Kampung Mandar yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pada hari-hari biasa sekitar 35 kilogram. Pada akhir pekan bisa mencapai 70 sampai dengan 100 kilogram bahkan kadang lebih.

 “Alhamdulillah untuk jumlah pengunjung maupun penjualan ikan segar meningkat  cukup signifikan sekitar 30 hingga 50 persen. Transaksi penjualan ikan di Market Fish Kampung Mandar  pada hari-hari biasa sekitar 35 kilogram. Sedangkan pada akhir pekan atau weekend bisa 70 – 100 kg Up,” jelas Hilman kepada JatimTIMES melalui sambungan WhatsApp (WA) pada Minggu (16/01/2022).

Selanjutnya dia menuturkan dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan dan menarik kunjungan wisatawan, Pokdarwis selain terus melakukan pembinaan terhadap anggota dan warga Kampung Mandar, pihaknya juga merencanakan melakukan renovasi lokasi jasa pembakaran ikan yang ada di sekitar lokasi.

“Masih menunggu musim hujan reda karena saat sekarang masih full-fullnya hujan setelah intensitas hujan menurun kami akan melakukan renovasi lokasi jasa bakar ikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Hilman mengungkapkan Market Fish Kampung Mandar menawarkan berbagai jenis ikan segar antara lain karapu, putian, kakap merah, baronang, sarang gigi, ketambak, padi- padi, kerang hijau, kerang bambu, cumi, udang kepiting, lobster dan lain sebagainya.

Dia menambahkan harga jual ikan mentah per kilogram relatif terjangkau yakni Rp 45 ribu sampai dengan Rp 50 ribu. Sedangkan ikan yang sudah matang Rp 10 ribu per onsnya. “Saat ini jenis ikan yang paling banyak dicari masyarakat dan wisatawan adalah ikan Kakap Merah,” tambahnya.

Selain bisa mendapatkan aneka macam ikan segar pengunjung Market Fish Kampung Mandar juga bisa menikmati sajian aneka minuman mulai kopi, teh dan jeruk serta berbagai macam jus buah dengan harga mulai tiga ribu sampai dengan Rp 9 ribu.



Nurhadi Joyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Sinergi dengan ASIDEWI, Pemkot Blitar Luncurkan City Tour Jas Merah Bumi Bung Karno

Kawasan wisata Makam Bung Karno.(Foto : Team JATIMTIMES) JATIMTIMES – Pemerintah Kota…

Bupati Banyuwangi Ipuk Ingatkan Waspada Omicron saat Liburan

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu…