Investasi ‘YaGoal’ Bodong, Korban Melapor ke Bareskrim Polri

JATIMTIMES – Bentuk investasi bodong atau penipuan semakin marak terjadi belakangan ini. Terbaru, sebuah aplikasi bernama YaGoal Online dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan investasi bodong yang dialami oleh sejumlah warga. Menurut berbagai sumber, korban dari investasi ini mencapai lebih dari 5.000 orang.

Para korban mulai curiga ketika website YaGoal Online tidak dapat diakses kembali. Kejadian ini membuat munculnya petisi di Change.org yang meminta agar Kapolri mengusut kasus penipuan ini sampai tuntas. Petisi ini sendiri dibuat oleh kuasa hukum para korban, Rifqi Zulham, S.H. & partners.

Tidak sampai di situ, Rifqi yang ditunjuk sebagai kuasa hukum para korban akhirnya menyerahkan laporan resmi ke Bareskrim Polri.

“Iya [kemarin menyerahkan] surat permohonan informasi tindak lanjut dan/atau perkembangan dari perkara ini,” ujarnya, Rabu (05/1).

“Jadi kami kan melaporkan kejadian tersebut pada tanggal 20 Desember 2021. Tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut dan klien juga belum di-BAP.”

Laporan tersebut bernomor LP/B/0759/XII/2021/SPKT/BARESKRIM POLRI. Rifqi menuturkan bahwa pihaknya melaporkan pemilik atau pihak yang menguasai aplikasi YaGoal Online tersebut.

“Kenyataannya adalah saat ini websitenya tidak bisa diakses dan pelakunya belum diketahui siapa dan berada di mana. Makanya yang kami laporkan adalah pemilik atau penguasa aplikasi YaGoal itu,” sambung Rifqi.

Lebih lanjut, Rifqi menuturkan bahwa ada 510 orang yang sudah menyerahkan surat kuasa kepada perwakilan korban, Rinaldi Agung. Menurutnya, korban dari investasi bodong ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Yang 510 orang itu ada hardcopy surat kuasanya, dipegang Pak Rinaldi dan dari berbagai daerah juga.”

“Kalau satu per satu ditelusuri ditaksir bisa berjumlah triliun. Tapi yang konkretnya 510 orang yang mengirim surat untuk dikuasakan kepada Pak Rinaldi sudah dihitung sekitar 10 miliar. Karena kalau dilihat dari jumlah member ada 10.575 orang,” ungkap Rifqi.

Apa Itu YaGoal Online?

YaGoal Online berbeda dengan situsjudionline.com. Aplikasi YaGoal Online merupakan aplikasi yang menawarkan cara mudah untuk berinvestasi. Jadi, para investor atau korban ini akan direkrut oleh leader atau admin dari aplikasi tersebut. 

Para korban akan diminta untuk menyetor minimal Rp 100,000 sebagai bentuk investasi dan dijanjikan keuntungan per hari 2,25 persen.

Menariknya, hasil atau keuntungan dari investasi sebesar 2,25 persen dari nilai investasi bisa langsung terlihat di aplikasi YaGoal Online. Saldo para investor langsung bertambah setiap harinya dan dapat langsung ditarik ke rekening bank pribadi milik investor.

Bahkan, menurut penuturan perwakilan korban, Rinaldi Agung, sudah ada beberapa orang yang memang mendapatkan hasil dari investasi tersebut. Hal ini membuat banyak orang semakin tertarik dan tidak ragu untuk berinvestasi dengan nominal jutaan hingga ratusan juta Rupiah.

“Mereka menunjukkan bukti bahwa sudah mendapatkan hasil dari investasi ini, mungkin karena mereka masuk lebih dulu jadi sudah ada yang dapat motor, ada yang ngasih lihat uang berlimpah gitu. Diiming-imingi oleh keluarga terdekat,” ujar Rinaldi.

Lebih lanjut, Rinaldi menyebut bahwa aplikasi YaGoal Online mulai tidak dapat diakses sejak awal Desember 2021. Ia pun mengungkapkan bahwa member lain sudah mulai menandatangani petisi untuk percepatan proses pengusutan dugaan investasi bodong tersebut.

“Jadi, awalnya memang masih berjalan normal sampai akhirnya awal Desember aplikasi tidak bisa diakses sama sekali. Di situlah kami merasa wah udah ketipu nih, dan akhirnya mulai mengumpulkan seluruh korban itu, ya rata-rata setiap daerah ada,” terang Rinaldi.

Menurut sejumlah sumber, aplikasi YaGoal Online ini bukan hanya sekedar tempat untuk berinvestasi. Di aplikasi mereka, para member juga dapat bertaruh pada pertandingan sepakbola hingga bermain game. Nantinya, member akan mendapatkan poin atas kemenangan dari permainan tersebut dan kemudian bisa ditukar dengan uang tunai atau saldo dompet elektronik.

Selain bukti dari ‘member lama’ yang mengklaim bahwa mereka telah mendapatkan keuntungan dari YaGoal Online ini, ada beberapa faktor lain yang membuat member baru yakin untuk berinvestasi. Salah satunya adalah klaim para leader aplikasi ini yang menyebut bahwa YaGoal Online telah memiliki ijin dan membayar pajak ke pemerintah Indonesia. Kendati demikian, tidak disebutkan secara rinci mengenai jenis ijin apa yang dimiliki oleh aplikasi ini.               



Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Digerebek Polisi, Wanita Cantik Blitar Ditinggal Kabur Suaminya Saat Pesta Sabu

Tersangka SN diamankan Polres Blitar Kota setelah tertangkap nyabu bareng suami.(Foto :…

Bak Pemain Sepak Bola, Pasangan Suami Istri di Tulungagung ini Bekerjasama Edarkan Miras

Pelaku dan barang bukti yang diamankan pihak kepolisian. (Foto: Humas Polres for…