Implementasikan Kampus Merdeka Belajar, Unikama Jalin Sinergi dengan Pemkab Malang

JATIMTIMES – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) terus menjalin sinergitas dengan berbagai lembaga maupun instansi. Salah satunya dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

Beberapa waktu lalu, jajaran pimpinan Unikama, mulai dari Rektor Dr Pieter Sahertian; Wakil Rektor (Warek) 1 Drs. Choirul Hudha MSi; Warek 2, Dr Ir Henny Leondro, SPt MP IPM ASEAN Eng dan Kepala Pusat Layanan dan Hubungan Masyarakat Retno Wulandari, MSA Akt ACPAI, melakukan kunjungan silaturahim dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Malang.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Bupati Malang Drs HM Sanusi MM yang di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr Rachmat Hardijono, SSos MSi.

Rektor Unikama menyampaikan, silaturahim ini diharapkan dapat berlanjut pada kerjasama yang lebih mendalam, utamanya mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Sehingga diharapkan untuk berlanjut kepada Memorandum of Understanding (MoU) yang selanjutnya dilakukan Memorandum of Agreement dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kami harapkan bisa berlanjut, utamanya dalam implementasi MBKM. Kami harapkan juga bilamana terdapat kegiatan yang bersinggungan dengan kampus, kami bisa dilibatkan,” terang Pieter yang berkomitmen dan siap ambil bagian dalam proses pengembangan Kabupaten Malang.

Sementara itu, Bupati Malang Drs HM Sanusi MM sempat menyampaikan paparan program-program strategis Kabupaten Malang. Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu program yang kerap dijalankan oleh perguruan tinggi di Kabupaten Malang. 

Terkait KKN, pihaknya menyampaikan jika perguruan tinggi dapat bekerjasama dengan unit teknis terkait. Masing-masing kompetensi keahlian dapat dikolaborasikan dengan pemerintah dalam upaya memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.

Unikama sendiri tentunya telah banyak berpartisipasi dalam program KKN. Setiap tahunnya mahasiswa KKN Unikama telah banyak tersebar di Kabupaten Malang.

“Kebutuhan saat ini adalah pemberdayaan masyarakat yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi. Karenanya, perguruan tinggi seperti halnya Unikama dapat bekerjasama dan berperan dalam membangun pendidikan di Kabupaten Malang. Pendidikan merupakan salah satu cikal bakal Unikama. “Nanti kita kolaborasikan.” tambahnya.

Sementara itu, Warek 1 juga mengungkapkan keunggulan Unikama. Unikama memiliki potensi dan berbagai keunggulan yang menarik. Salah satunya adalah di bidang Startup yang telah memperoleh capaian membanggakan.

“Startup kita sudah lumayan, mungkin nanti bisa membimbing anak-anak muda di Kabupaten Malang untuk membangun startup,” pungkasnya.



Anggara Sudiongko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…