ODOL, Truk Pengangkut Kertas Terguling di Bundaran SMPN 5

JATIMTIMES – Mengangkut muatan berlebih (over-load) sebuah truk Mitsubishi berwarna kuning dengan nomor polisi (nopol) N-9065-EI yang sedang mengangkut kertas bekas terguling di Jalan Panglima Sudirman atau bundaran SMPN 5 Kota Malang. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh JatimTIMES.com truk pengangkut kertas bekas dengan muatan lebih yang terguling tersebut dikemudikan oleh Mesenan (41) warga Dusun Argomulyo, Desa Gunung Renggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. 

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota Iptu Saiful Ilmi melalui Kanit Turjawali Satlantas Polresta Malang Kota Iptu M Syaikhu menjelaskan kronologis singkat tergulingnya truk pengangkut kertas bekas tersebut. 

Syaikhu mengatakan, truk pengangkut kertas bekas ini berasal dari wilayah Kabupaten Pasuruan menuju wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Kemudian sekitar pukul 13.30 WIB, truk pengangkut kertas tersebut terguling. 

“Saat melaju dan akan berbelok menuju Jalan Panglima Sudirman arah Rampal truk itu tiba-tiba terguling dengan estimasi kecepatan 30 sampai 40 km/jam,” ungkap Syaikhu kepada JatimTIMES.com, Minggu (23/1/2022). 

Tergulingnya truk pengangkut kertas bekas tersebut dikarenakan mengangkut muatan berlebih atau Over Dimention Over Load (ODOL). Hal itu yang membuat sopir truk tidak dapat menguasai kemudi akhirnya terguling ke samping kiri. 

“Sekitar 3,5 ton kertas bekas jadi biang terjadinya truk guling itu,” kata Syaikhu yang merupakan perwira polisi dengan dua balok di pundaknya. 

Beruntungnya, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dari pengendara lain maupun dari sopir. Hanya saja sopir mengalami luka ringan serta kondisi truk yang mengalami penyok pada bodi samping kiri dan kaca mengalami retak. 

Akibat tergulingnya truk bermuatan kertas bekas tersebut, akses jalan menuju bundaran SMPN 5 Kota Malang sempat mengalami kemacetan dan kertas-kertas di dalam bak truk keluar berceceran. Untuk gerak cepat, datang satu truk dengan bak kosong untuk memindahkan muatan kertas yang bercecer di jalanan.

Selain itu, saat melakukan evakuasi truk pengangkut kertas bekas tersebut, pihak kepolisian dibantu warga sekitar serta para relawan bergotong royong menarik truk yang terguling tersebut dengan tali yang dikaitkan pada bak truk. 

Salah satu relawan di sekitar lokasi yang turut membantu mengevakuasi truk pengikut kertas bekas tersebut yakni Bagus (22) mengatakan, saat kejadian kecelakaan pihaknya kebetulan melintas di kawasan tersebut. 

“Kebetulan tadi saya lewat sini mas, terus berhenti bantu orang-orang narik truk itu mas, supaya cepet dievakuasi dan akses jalan biar nggak macet,” ujar Bagus. 

Sementara itu, sekitar pukul 14.30 WIB, truk pengangkut kertas bekas tersebut berhasil di evakuasi. Kemudian sopir beserta truk dibawa menuju Kantor Unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota yang terletak di Jalan Dr Cipto, Kota Malang dengan membawa kelengkapan dokumen berkendara. 



Tubagus Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…