Prioritas ke Rumah Rusak Berat, Bantuan Untuk Korban Gempa Lumajang Dimulai

JATIMTIMES – Setelah cukup lama menunggu, akhirnya bantuan untuk korban gempa bumi di Lumajang pada bulan April tahun 2021 lalu, kini sudah direalisasikan.

Mulai pekan ini ratusan rumah korban gempa segera dibangun. Kepastian ini disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Senin (24/1/2022) siang,Thoriqul Haq meletakkan batu pertama pembangunan Hunian Tetap (Huntap) yang diperuntukkan bagi korban gempa bumi yang telah kehilangan tempat tinggal tersebut.

Pelatekan batu pertama dilakukan di Dusun Iburaja Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari dan Dusun Krajan Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo.

Bupati yang akrab dipanggil dengan sebutan Cak Thoriq ini menyatakan bahwa pembangunan huntap tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Kita prioritaskan bagi warga yang rumahnya rusak berat, bagi warga yang rumahnya rusak sedang dan ringan akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Percepatan pembangunan Huntap ini, tidak hanya dilakukan di Kaliuling Tempursari saja,namun juga akan dilakukan di desa lain yang terdampak gempa tahun lalu.

Untuk pembangunan Huntap bagi korban gempa ini dananya bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana senialai Rp 29 M lebih. 

Selain mendapat huntap, korban gempa juga mendapat dana stimulan sesuai kerusakan rumahnya.

Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan 50 juta, rusak sedang 25 juta, dan yang rusak ringan 10 juta rupiah.

Seperti diketahui bahwa pada 10 April 2021 telah terjadi gempa bumi di Lumajang dan sekitarnya. Akibat peristiwa ini ratusan rumah dan fasilitas umum di wilayah selatan Kabupaten Lumajang mengalami kerusakan. 

Tercatat ada 616 rumah rusak berat, 752 rusak sedang dan hampir dua ribu rumah rusak ringan.



Teguh Eko Januari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…