Bisa Membuat Bahagia hingga Cegah Penuaan, Ini Sederet Manfaat Mengonsumsi Jamur

JATIMTIMES – Makanan plant-based atau nabati saat ini cukup digemari. Peminat pola makan sehat semakin banyak dan selektif dalam memilih bahan makanan yang bakal mereka konsumsi.

Nah, salah satu menu makanan plant-based yang cukup jadi unggulan adalah jamur. Selain rasanya yang enak, makan jamur ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan lho.

 

Jamur dinilai menjadi bahan nabati yang memiliki jumlah protein tinggi, terlebih jika dikombinasikan dengan bahan nabati tinggi protein lainnya. Berikut ini 6 manfaat makan jamur untuk kesehatan menurut Good Housekeeping.

1. Mencegah penuaan

Sebuah jamur terdapat dua kandungan antioksidan yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan. Kedua jenis antioksidan ini adalah ergothioneine dan glutathione yang terbukti berkhasiat melalui penelitian Penn State pada tahun 2017.

Keduanya mampu memberikan fungsi yang lebih kuat untuk melindungi tubuh dari stres fisiologis. Yang mana bisa mencegah penuaan dini. Sebab, Stres fisiologis yang terjadi dalam kurun waktu yang lama dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan penuaan lebih cepat misalnya melalui tanda-tanda munculnya keriput.

2. Melindungi kesehatan otak

Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Spanyol baru saja merilis manfaat terbaru dari jamur di tahun 2021. Penelitian ini mengungkapkan beberapa makanan memiliki kandungan polifenol yang kaya.

Salah satunya jamur yang efeknya mampu menangkal penurunan kognitif pada orang dewasa. Penemuan itu dilakukan oleh Penn State.

Ia menyebutkan, kandungan polifenol yang bertemu dengan dua jenis antioksidan ini mampu menangkal penyakit Parkinson dan Alzheimer. Berdasarkan hasil penemuan pada berbagai penelitian tersebut, ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi jamur setidaknya lima buah dalam sehari.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebagaimana diketahui, penyakit jantung cukup menjadikan aware masyarakat di seluruh dunia. Ternyata kandungan dalam jamur bisa untuk meningkatkan kesehatan jantung lho.

Jamur memiliki komponen glutamate ribonucleotides, yang memunculkan rasa gurih alami. Tak hanya memberikan rasa yang lezat ternyata komponen ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mencegah sakit jantung.

Pada 128 gram jamur diketahui mengandung 5 miligram sodium atau garam yang rasanya juga sudah cukup tanpa harus ditambahkan garam lagi. Menambahkan jamur ke dalam hidangan masakan yang dikonsumsi rutin ini menjadi satu cara untuk mengurangi konsumsi garam atau sodium yang sangat berbahaya untuk tekanan darah dan kesehatan jantung.

4. Membantu menguatkan tulang

 

Sebagai tumbuhan yang hidup dengan baik di luar ruangan membuat jamur memungkinkan mendapatkan sinar matahari yang sangat baik. Hasilnya, jamur menjadi bahan makanan yang menyerap nutrisi baik dari sinar matahari dengan efektif, salah satunya vitamin D.

Di dalamnya terdapat komponen bernama ergosterol pada jamur yang mampu mengubah sinar UVB yang diserap dari matahari menjadi vitamin D dengan sangat baik. Menurut ahli kesehatan, sejumlah 85 gram jamur sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian seseorang dan membantu menyehatkan tulang.

5. Memberi energi tambahan

Kaya akan vitamin B dan berbagai jenis, di dalam jamur ada riboflavin (B2), folat (B9), thiamine (B1), asam pantotenat (B5) dan niacin (B3). Berbagai jenis vitamin B ini dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan fungsi seluruh organ dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Komponen vitamin B yang beragam ini juga membantu tubuh untuk memproduksi energi dari makanan yang dikonsumsi. Tak hanya itu kebutuhan vitamin B yang terpenuhi juga mampu membantu produksi sel darah merah lebih banyak sehingga dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih baik.

6. Menciptakan rasa bahagia

Peneliti Penn State tentang jamur terus berlanjut sejak 2017. Di tahun 2021 ia menemukan beberapa fakta lainnya. Melibatkan hampir 25.000 orang sebagai partisipan, yang diminta mengonsumsi jamur secara rutin. 

Mereka yang telah melakukannya ditemukan memiliki tingkat kecenderungan depresi yang lebih rendah. Manfaat ini dikatakan sebagai salah satu manfaat lanjutan dari dua jenis antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif.

Salah satu cara kerja jamur untuk meningkatkan rasa bahagia, dengan menekan gejala depresi dan kecemasan yang diatasi oleh kandungan potasium.



Arifina Cahyati Firdausi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…