Jokowi Sebut Layanan Imigrasi Malang Tutup Dua Hari setelah 5 Pegawai Positif Covid-19

JATIMTIMES – Lima pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang terkonfirmasi positif covid-19 dengan jarak waktu yang berbeda. Hal itu membuat layanan Kantor Imigrasi Malang ditutup sementara. 

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Malang Joko Widodo mengatakan,  lima pegawai tersebut terdiri dari empat orang berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan satu orang berstatus pegawai pemerintah non-pegawai negeri (PPNPN) yang menjadi sopir. 

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menambahkan, lima pegawai itu terkonfirmasi positif covid-19 dengan tanggal yang berbeda. Namun di bulan yang sama, yakni Januari 2022. 

“Tanggal 19, tanggal 20, terus  24, 29. Sopirnya tanggal 30. Nggak semua bareng,” ungkap Jokowi kepada JatimTIMES.com, Senin (31/1/2022). 

Jokowi pun belum dapat memastikan varian covid-19 yang menyerang lima  pegawai tersebut. Sebab,  hasil yang diterima pihaknya hanya hasil swab antigen yang menyatakan positif covid-19. 

Karena itu, Imigrasi Malang mengambil keputusan untuk menutup layanan sementara di seluruh kantor layanan selama dua hari. Yakni Senin 31 Januari 2022 dan Selasa 1 Februari 2022. 

“Maka terhitung mulai 31 Januari 2022 hingga 1 Februari 2022, Kantor Imigrasi Kelas 1 Malang seluruhnya ditutup. Jadi, yang di Malang ditutup, yang di Probolinggo di UKK kota dan kabupaten, di ULP pun ditutup,” terang Jokowi. 

Selain melakukan penutupan sementara di seluruh kantor layanan Imigrasi  Malang, untuk langkah pencegahan penyebaran covid-19, Imigrasi Malang  mengeluarkan kebijakan, yakni penugasan work from home (bekerja dari rumah) untuk seluruh pegawai. 

Kemudian, selama dilakukan penutupan sementara di seluruh kantor layanan selama dua hari, pihaknya juga melakukan sterilisasi ruangan dengan penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan. 

“Hari Rabu (2/2/2022) seluruh pegawai kita tracing dengan swab antigen. Total karyawan yang ada di Kantor Imigrasi Malang 102 orang sama honorer PPNPN,” ujar Jokowi. 

Sementara itu, pemohon pelayanan keimigrasian yang sudah mendapatkan antrean pada  Senin 31 Januari 2022 melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) akan dilayani kembali pada Rabu 2 Februari 2022. 

“Bagi yang sudah mendapatkan jadwal pelayanan dan sudah melakukan pembayaran lewat aplikasi M-Paspor tanggal 31 Januari 2022, silakan melakukan reschedule ke  Rabu 2 Februari 2022,” ucap Jokowi. 



Tubagus Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…