PBNU Ungkap Sudah Jalin Komunikasi dengan Ainun Najib untuk Pulang ke Tanah Air

JATIMTIMES – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mohamad Syafi’ Alielha atau Savic Ali mengaku telah menjalin komunikasi dengan Ainun Najib. Komunikasi dengan Ainun Najib tersebut dilakukan melalui salah 1 Ketua PBNU Agus Zainal Arifin beberapa waktu lalu.

“Karena beliau yang punya sejarah lama dengan Mas Ainun, untuk komunikasi. Kemarin waktu di pengukuhan, Mas Zainal cerita dia sudah hubungi Ainun. Mas Zainal ini salah satu ketua yang dipasrahi ketua umum untuk urusan IT. Artinya komunikasi Mas Zainal ini bagian dari organisasi,” kata Savic dalam keterangannya di laman resmi NU dikutip Jumat (4/2/2022).

Kendati demikian, Savic tidak membeberkan bagaimana hasil komunikasi yang sudah dilakukan Zainal kepada Ainun. Dia hanya menjelaskan PBNU berencana akan mengumpulkan dan memanfaatkan para generasi muda NU yang memiliki keahlian di bidang tertentu. 

Hal ini bertujuan untuk membantu berbagai pekerjaan selama 5 tahun mendatang.

“Dalam bahasa ketua umum itu bisa menjadi ‘omah tawon’ (sarang lebah) yang di mana talenta-talenta terbaik yang dimiliki kader-kader NU itu bisa kembali ke rumah, kemudian berpikir bersama untuk bisa melahirkan sesuatu yang punya dampak terhadap organisasi atau warga Nahdliyin,” kata Savic. 

Savic juga menjelaskan Ainun sempat tercatat sebagai salah 1 wakil sekretaris Lembaga Ta’lif wa Nasyr (LTN) PBNU period 2015-2021. Namun, PBNU sulit membangun skema agar Ainun bisa benar-benar terlibat aktif di tengah kesibukannya sebagai profesional di Singapura.

“Memang masih belum ketemu, masih sulit membangun skema yang kira-kira dia bisa terlibat aktif dalam konteks menyediakan teknologi-teknologi yang dibutuhkan warga NU. Dia beberapa kali telah mengisi webinar-webinar di lingkungan NU,” ujar Savic. 

Seperti diketahui, nama Ainun Najib ramai diperbincangkan setelah disinggung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi( dalam acara Pengukuhan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (31/1/2022) lalu.

Jokowi mengaku sudah mengenal Ainun yang kini bekerja di Singapura itu. Jokowi berharap agar Ainun bisa kembali ke Indonesia untuk membangun ekosistem digital RI.

Di sisi lain, Ainun sendiri baru-baru ini mengaku belum ada yang melakukan pendekatan resmi terhadap dirinya agar kembali ke Indonesia. Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) melempar masalah pemulangan praktisi teknologi informasi Ainun Najib ini kepada para kiai Nahdlatul Ulama (NU).



Desi Kris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…