Seperti Singapura, Walikota Batu Bakal Bawa Mesin Pirolisis Atasi Bau Sampah
Walikota Batu Dewanti Rumpoko.

INDONESIAONLINE – Bau sampah masih menjadi masalah yang belum terpecahkan di kawasan permukiman Desa Tlekung Kecamatan Junrejo.

Namun, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sudah punya cara untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu dengan menghadirkan mesin pirolisis.

Mesin pirolisis merupakan mesin yang berfungsi untuk mengolah sampah menjadi bahan yang bernilai ekonomis. Bahkan kini progresnya telah bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk menghadirkan alat ini.

Dewanti mengatakan alat ini akan diimpor tanpa mengeluarkan anggaran gratis. “Perlu digarisbawahi, alat ini didatangkan tanpa anggaran sepeser pun atau gratis,” ujarnya.

Dewanti menambahkan, mesin ini juga digunakan Singapura dalam mengatasi masalah sampah. Alat ini bekerja lebih efektif dalam bahan bakar karena menggunakan solar cell. Berbeda halnya dengan insinerator yang menggunakan bahan bakar solar. “Semoga mesin pirolisis ini bisa cepat datang,” tambah Dewanti.

Dewanti juga meminta masyarakat bersabar. Yang jelas alat ini bertujuan untuk mengurangi sampah dan bau tak sedap di TPA Tlekumg.

“Saya harap masyarakat bisa bersabar. Kami berharap nanti bisa mengatasi masalah bau tak sedap di TPA Tlekung,” tambah Dewanti, yang juga politisi PDI-P.

Bau sampah kerap dirasakan warga sekitar pemukiman TPA Desa Tlekung. Apalagi baunya semakin menyengat saat hujan. Hal ini sangat meresahkan warga sekitar selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan warga sekitar, yakni Dusun Gangsiran, sempat protes dengan memasang spanduk di pintu masuk TPA Tlekung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…