Tingkatkan Potensi Daerah, Bupati Blitar Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Walikota Mojokerto

INDONESIAONLINE– Pemerintah Kabupaten Blitar menandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Mojokerjo. Penandatanganan kesepakatan bersama terkait pembangunan daerah.

Kesepakatan bersama itu ditandatangani Bupati Blitar, Rini Syarifah dan Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, di Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Jumat (25/2/2022). Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan kerjasama ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi daerah yang ada di Kabupaten Blitar dan Kota Mojokerto. Untuk Blitar, Rini berharap dapat menciptakan optimalisasi potensi secara efektif dan efisien.

“Melalui kesepakatan bersama ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan guna mendukung pembangunan daerah secara efektif dan efisien,” ujar Mak Rini.

Kabupaten Blitar merupakan daerah yang memiliki potensi yang melimpah dan beragam. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur nomor 5 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2031, Kabupaten Blitar termasuk dalam rencana pembangunan daerah melalui pengembangan kawasan hortikultura atau sentra penghasil pisang, rambutan, dan buah belimbing.

Kabupaten Blitar juga unggul dalam bidang tanaman perkebunan. Kawasan perkebunan di Kabupaten Blitar terus dikembangkan antara lain perkebunan tebu, kopi, kakao, kelapa dan nilam. Kabupaten Blitar juga mengembangkan sentra peternakan unggas terbesar di Jawa Timur. Di sektor perikanan, Kabupaten Blitar juga maju pesat melalui pengembangan budidaya ikan hias dan perikanan air laut.

Sektor pertanian masih memegang peranan utama dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Kabupaten Blitar. Dengan sumber daya alam yang melimpah, potensi pertanian Kabupaten Blitar cukup unggul. Tidak hanya digunakan sebagai areal persawahan yang mencapai 20,13 persen dari luas total, tidak termasuk untuk kegiatan perikanan, peternakan, kehutanan dan perkebunan, ada juga sektor peternakan yang produksi telur ayamnya mencapai 840 ton per hari.

“Dengan semangat maju bersama, sejahtera bersama, saya optimis Kabupaten Blitar dan Kota Mojokerto dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan visi masing-masing yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, Mak Rini menyampaikan terima kasih kepada seluruh Walikota Mojokerto dan jajarannya yang telah memberikan sambutan yang sangat baik kepada rombongan dari Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Mojokerto adalah kota yang indah di Indonesia, dipimpin oleh pahlawan wanita menawan Ning Ita Puspitasari. Mari tingkatkan kesepakatan bersama, agar masyarakat sejahtera dan mandiri,” pungkas Mak Rini.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan pihaknya berharap kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar dapat meningkatkan perekonomian di Kota Mojokerto. Menurutnya, Kota Mojokerto sebagai kota perdagangan, perlu mendapat dukungan dari daerah lain terkait bahan baku.

“Bagaimana ketersediaan berbagai jenis komoditas harus ada di sini. Yang memproduksinya bisa Kabupaten Blitar, bisa daerah lain,” kata Ika.

Walikota yang akrab disapa Ning Ita ini menambahkan, dengan tersedianya bahan baku yang bisa dipasok dari Kabupaten Blitar, para pelaku UMKM di Kota Mojokerto akan semakin mudah mencari bahan baku produknya.

Dengan tersedianya bahan baku, Ning Ita dan jajarannya di Pemerintah Kota Mojokerto nantinya dapat mengintervensi stabilitas harga, terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan.

“Salah satu poin penting yang bisa kita fokuskan untuk kerjasama adalah bagaimana menyediakan bahan baku, menurut saya ini sangat penting, UMKM kita memiliki keahlian karena kita terus memberikan pendampingan,” kata Ning Ita.

Lebih dalam lagi, pada kesempatan ini Ning Ita mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blitar yang telah bekerjasama dengan Kota Mojokerto untuk bersama-sama memajukan daerahnya masing-masing. Ia berharap kerjasama yang akan terjalin mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan mengangkat perekonomian daerah baik di Kota Mojokerto maupun di Kabupaten Blitar.

“Karena dengan berkolaborasi, akan ada potensi dari masing-masing daerah yang bisa disinergikan untuk maju bersama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…