Lewat Diversifikasi Pangan, Bupati Jember: Puas Nggak Harus Makan Nasi

INDONESIAONLINE – Bupati Jember H. Hendy Siswanto mengajak warganya untuk mulai melakukan diversifikasi pangan dengan tagline ‘puas tidak harus makan nasi’. Demikian disampaikan Bupati pada pembukaan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal pada Selasa (1/3/2022) di Aula Wahyawibawa Pemkab Jember.

Menurut Hendy, diversifikasi pangan merupakan langkah diversifikasi atau pengadaan lebih dari satu komoditas yang dapat dikonsumsi masyarakat, dan beras tidak harus menjadi makanan pokok. Namun, ada beberapa komoditas yang bisa dijadikan alternatif pengganti beras.

“Misalnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, kita tidak harus makan nasi, tapi kita bisa kenyang dengan makan ubi jalar, kentang, jagung, beras merah dan singkong, sehingga kita bisa menjaga ketahanan pangan yang berkelanjutan,” kata dia. Bupati Jember. H.Hendy Siswanto.

Dalam kegiatan ini sendiri, Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, dengan memperkenalkan berbagai olahan pangan lokal selain beras atau bahan dasar beras.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan berulang-ulang untuk mengedukasi masyarakat Jember bahwa kenyang tidak harus makan nasi, apalagi di Kabupaten Jember sendiri potensi komoditas pangan sangat melimpah selain beras,” ujar Bupati. .

Dalam kegiatan yang juga dikemas dengan pasar murah ini, Bupati menyatakan dengan melakukan verifikasi pangan ini selain dapat menjaga ketahanan pangan juga dapat mengangkat perekonomian UMKM di Jember.

“Tinggal packing-nya saja. Tentu perlu perencanaan yang komprehensif untuk mewujudkan ketahanan pangan lokal, saya yakin kalau dikelola dengan baik, hasilnya juga baik untuk masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Unduh PNG Logo Futsal Polos Keren untuk Tim Anda

Logo futsal keren (Foto: namatin.com) INDONESIAONLINE – Logo futsal keren dengan berbagai…

Akibat Kebakaran Tungku Masak, Rumah di Tulungagung ini Terbakar

INDONESIAONLINE Penyebab kebakaran yang terjadi di Dusun Ngemplaksari, RT 01 RW 02…