Terdampar 3 Jam di Pantai Selatan, Hiu Tutul Tak Bisa Diselamatkan

INDONESIAONLINE –  Warga dan nelayan di sekitar Pantai Nyamplong Kobong Dusun Njeni, Desa Gumukmas, Jember, Kamis (14/7/2022) dikejutkan dengan terdamparnya seekor Hiu Tutul atau yang memiliki nama latin Rhincodon Typus dengan di pantai tersebut.

Terdamparnya mamalia pemakan plankton yang memiliki panjang sekitar 4 meter inipun menarik perhatian nelayan sekitar. Sehingga para nelayan berusaha untuk mendorong hiu tersebut ke tengah laut agar bisa kembali ke habitatnya. Namun upaya nelayan ini tidak membuahkan hasil.

Baca Juga :
Keren! Festival Budaya Banyuurip Digelar 5 Hari, Ini Dia Rundown Acaranya

“Kami sudah berusaha tadi bersama masyarakat dan nelayan untuk mendorong hiu ke tengah laut. Namun bobotnya yang sekitar 1 ton lebih dan panjang 4 meteran tersebut membuat kami kewalahan. Walau akhirnya kami bisa mendorong hiu ke tengah laut dan menjauhi bibir pantai,” ujar Edi Susanto warga sekitar.

Sayangnya, meski hiu sudah sempat menjauh dari bibir pantai, tapi kembali terdampar ke bibir pantai. “Tadi ketika kami dorong ke laut kondisinya memang seperti kelelahan dan akhirnya terdampar lagi dan mati,” jelasnya.

Sementara Kasatpol Airud Polres Jember AKP. M. Nai, saat dikonfirmasi membenarkan adanya Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Nyomplong. Di mana, hiu yang diperkirakan masih usia muda ini saat ini kondisinya dalam keadaan sudah mati.

“Iya tadi ada laporan dari nelayan jika ada hiu yang terdampar dan mereka sudah berusaha untuk melakukan evakuasi ke laut, Cuma karena keterbatasan alat, dan kondisi cuaca laut selatan yang cukup ekstrim, hiu kembali terdampar dan akhirnya mati,” ujar Nai.

Baca Juga :
Koperasi Kota Mojokerto Tetap Subur di Tengah Gempuran Pandemi, Ning Ita Raih Penghargaan dari Dekopin

Nai juga menjelaskan, bahwa untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Polsek Gumukmas terkait evakuasi hiu yang sudah mati tersebut.

“Kemungkinan akan kita kubur di pantai, dan kami sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perikanan dan Kelautan. Nanti teman-teman dari nelayan yang akan melakukan penguburan terhadap hiu tersebut,” pungkas Nai. 

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…