Kota Kediri Berlari Jadi Event Nasional, Pesertanya dari Aceh hingga Kalimantan 

INDONESIAONLINE – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberangkatkan para runners acara Kota Kediri Berlari, Minggu (17/7). Sebanyak  1.143 peserta bersemangat menuntaskan rute sepanjang 5 km dengan start dan finish Goa Selomangleng. 

Para peserta yang berlari paling cepat tak hanya meraih gelar juara, melainkan juga merebut hadiah berupa uang tunai. Medan yang harus ditaklukkan para runners ini juga tidak mudah.

“Terima kasih atas kedatangan para pelari ini di Kota Kediri mengikuti Kota Kediri Berlari. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak lagi lomba lari di Kota Kediri dan semakin rutin lagi. Dan hadiahnya semakin besar. Mudah mudahan acara ini terus bisa diadakan dan menjadi agenda rutin di Kota Kediri. Kediri Berlari ini juga diikuti dari berbagai kota bahkan saya dengar ada yang dari luar Jawa seperti Aceh dan Balikpapan. Mudah-mudahan tidak mengecewakan datang ke sini,” ujar Wali Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberangkatkan para _runners_ Kediri Berlari, Minggu (17/7). (Foto: Dok. Istimewa)

Menurut Abdullah Abu Bakar, Kediri Berlari ini dari pertama kali diselenggarakan memang tinggi antusias masyarakat untuk mengikutinya. Karena saat ini berlari merupakan sebuah lifestyle, tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Maka dari itu, Kota Kediri mengadakan event lomba lari seperti ini. 

“Lomba lari di Kediri ini mulai dari awal dulu ada Kediri Colour Run dan juga ada banyak di Kediri itu kelompok-kelompok berlari, maka dari itu kita buat Kota Kediri Berlari ini. Sembari kita lihat ada perubahan apa yang akan terjadi. Hal itu bisa dilihat dari apakah banyak atlet yang ikut acara ini, lalu juga seberapa banyak warga Kediri yang antusias ikut event berlari ini,” jelas Wali Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberangkatkan para _runners_ Kediri Berlari, Minggu (17/7). (Foto: Dok. Istimewa)

Lebih lanjut Abdullah Abu Bakar juga berharap ke depan Kediri Berlari bisa menjadi acara yang lebih besar, dengan rute yang berbeda, dan juga banyak pelari dari luar Kota Kediri yang ikut dalam lomba. Serta acara Kediri Berlari ini bisa berkolaborasi dengan banyak komunitas dan lainnya.

Setelah melewati rute panjang dan medan yang tidak datar, akhirnya diumumkan para pemenang tiap kategori. Untuk pemenang kategori umum putra juara 1 diraih oleh Atjong Tio dengan waktu tercepat yaitu 20 menit 24 detik, juara 2 diraih oleh Ardi Wirayuda,  dan juara 3 diraih oleh Kunala. Pemenang kategori Umum Putri juara 1 diraih oleh Titik Rahayu, juara 2 diraih oleh Zidan Bariqli, dan juara 3 diraih oleh Lina Sulistiyani.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberangkatkan para _runners_ Kediri Berlari, Minggu (17/7). (Foto: Dok. Istimewa)

Sementara itu untuk Kategori Pelajar Putra juara 1 diraih oleh Anggasta, juara 2 diraih oleh Mohammad Panji dan juara 3 diraih oleh Aria Satya. Serta yang Kategori Pelajar Putri juara 1 diraih oleh Mitha, juara 2 diraih oleh Cantika Pramesti dan juara 3 diraih oleh Kayla Belvania. 

Sementara itu, Kayla Belvania peraih juara 3 pada kategori pelajar putri ini mengaku senang bisa meraih juara 3. Kayla yang masih duduk  di Kelas 3 sekolah dasar mampu mengalahkan pelajar dengan tingkatan lebih tinggi seperti SMP dan SMA. Hal ini berkat rajin berlatih dan makan makanan bergizi seperti sayuran. Kayla ini mulai berlatih lari saat usianya 8 tahun dan baru dua kali mengikuti lomba lari semacam Kediri Berlari ini dan bisa meraih juara.

Menurut Ibu Kayla, ikut Kediri Berlari ini untuk menambah jam terbang anaknya dalam berlari. Mengetahui Kayla bisa meraih juara 3 pada lomba lari ini, mengaku terharu dan bangga terhadap anaknya. Ibu Kayla juga menceritakan bahwa di tiap latihan larinya Kayla juga menempuh jarak 5 km dan latihan dilakukan seminggu enam kali.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Zachrie Ahmad, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah.

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…