7 Tempat Pertapaan Presiden Soekarno, Ada Kekuatan Mistis Apa?

INDONESIAONLINE – Siapa sih yang tak kenal dengan Sang Proklamator Soekarno? Ya, Soekarno juga dikenal sebagai Presiden pertama RI. 

Soekarno adalah pejuang yang berhasil mendeklarasikan kemerdekaan RI dari Belanda bersama para pahlawan lainnya. Sebelum menjadi presiden, pria yang juga akrab disapa Bung Karno itu sudah melanglang buana ke berbagai tempat untuk mencari ilmu.

Tak cuma belajar ilmu politik kepada para tokoh, namun Bung Karno juga tertarik dengan ilmu spiritual. Beberapa guru spiritual Bung Karno yaitu Sosrokartono, Datuk Mujib, HOS Cokroaminoto dan beberapa kiai lainnya.

Bung Karno juga kerap melakukan pertapaan di sejumlah tempat. Selain untuk merenung, dia juga berpikir bagaimana cara mengusir para penjajah dan merebut kemerdekaan Indonesia.

Dilansir melalui kanal YouTube Larasati Channel, berikut ini 7 lokasi pertapaan Bung Karno dan kisah mistisnya:

1. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng ini berada di Kediri, Jawa Timur. Goa ini bermakna batu miring karena berada di lokasi lereng bukit yang miring.

Sekarang Goa Selomangleng menjadi destinasi wisata. Berdasarkan penuturan warga setempat, goa ini pernah dijadikan Dewi Kili Suci, putri Sri Aji Jayabaya yang kemudian dipercaya menjadi Nyi Roro Kidul.

Karena itulah, tempat ini dijadikan sebagai tempat meditasi atau pertapaan Bung Karno.

2. Gedung Bentol di Istana Cipanas

Gedung Bentol ini berada di belakang bangunan utama Istana Cipanas. Gedung ini dijadikan Bung Karno untuk membuat naskah pidato yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme bagi rakyat Indonesia.

Gedung ini juga digunakan untuk mencari inspirasi karena suasana yang sunyi, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk bersemedi.

3. Goa di Alas Purwo Banyuwangi

Goa bernama Goa Istana ini terletak di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo Kabupaten Banyuwangi. Menurut penuturan beberapa warga setempat, Bung Karno pernah bertapa di tempat yang penuh dengan mistis tersebut.

Warga percaya bahwa ada banyak benda-benda pusaka dan cerita mistis di Goa Istana tersebut. Hingga kini bahkan masih banyak orang yang bertapa untuk kepentingan tertentu, seperti mempermudah urusan.

4. Goa Ratu Cilacap

Goa Ratu Cilacap ini terbentuk karena fenomena alam dan dikunjungi oleh berbagai warga dari seluruh nusantara. Warga yang datang bisanya bermeditasi dan berdoa kepada sang pencipta.

Konon banyak warga yang melihat sosok ratu Nyi Roro Kidul di tempat ini. Bahkan tak cuma Bung Karno yang pernah menyepi di tempat ini, namun juga Soeharto.

5. Pertapaan Indrokilo di Prigen

Pertapaan ini berada di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Tempat ini sering disinggahi Bung Karno untuk menyepi dan mencari wahyu cakaraningrat. 

Cakaraningrat yaitu wahyu yang dianggap sebagai syarat untuk mendapatkan kekuasaan dan tahta kerajaan. Di tempat ini pula konon Bung Karno mendapat senjata yang digunakan untuk mengusir para penjajah Belanda hingga Jepang.

6. Gunung Munara Bogor

Tempat ini adalah tempat sakral karena ada beberapa titik yang dijadikan sebagai pertapaan. Bahkan di tempat ini ada goa yang dinamakan Goa Soekarno. 

Nama Soekarno diambil karena dia pernah bertapa dan bersemedi di dalamnya. 

7. Pertapaan Alas Ketonggo Ngawi

Pertapaan ini adalah kawasan hutan jati yang konon didalamnya ada makam raja Prabu Wijaya V Kerajaan Majapahit yang lari dari Kerajaan Demak.

Kawasan hutan ini diklaim memiliki kekuatan mistis yang kuat karena dipercaya ada gerbang gaib yang menghubungkan manusia dengan makhluk gaib. Di tempat ini juga terdapat pesanggaran Bung Karno tempat bertapa.

You May Also Like

Sinergi dengan ASIDEWI, Pemkot Blitar Luncurkan City Tour Jas Merah Bumi Bung Karno

Kawasan wisata Makam Bung Karno.(Foto : Team JATIMTIMES) JATIMTIMES – Pemerintah Kota…

Bupati Banyuwangi Ipuk Ingatkan Waspada Omicron saat Liburan

JATIMTIMES – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memberikan pesan kepada masyarakat untuk selalu…