Jaga Perekonomian Tetap Lancar, Pemkot Mojokerto Gencarkan Vaksin Booster

INDONESIAONLINE- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Mojokerto menggencarkan vaksinasi booster. Hal ini menyusul keluarnya Surat Edaran (SE) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  yang mengatur pengunjung pusat perbelanjaan/mall harus mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster).

“Dengan adanya SE Mendagri yang mengharuskan pengunjung mall sudah vaksin booster, Dinkes Kota Mojokerto akan merapatkan barisan kembali menggencarkan vaksin booster supaya mall tidak sepi,” ujar Kepala Dinkes PPKB Kota Mojokerto dr Triastutik Sri Prastini Sp.A.

Dokter spesialis anak ini menjelaskan, instruksi presiden menetapkan vaksinasi booster sudah mencapai 50 persen sebagai syarat izin keramaian dan perjalanan. 

“Nah untuk Kota Mojokerto, vaksin booster sudah mencapai 52,49% dan vaksin dosis satu sudah 159,79% serta vaksin dosis ke dua sudah mencapai 127,97%,” terangnya.

Namun demikian, lanjutnya, dengan terbitnya SE Mendagri Nomor 440/3927/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat yang menyatakan pengunjung pusat perbelanjaan/mall kini harus sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster) maka Dinkes Kota Mojokerto akan menggencarkan kembali vaksin booster.

“Setiap hari, baik RSUD dr Wahidin Sudirohusodo maupun Puskesmas memang melayani vaksinasi Covid-19. Baik booster maupun dosis 1 dan 2 namun dengan terbitnya SE Mendagri tersebut akan digencarkan lagi,” ujarnya.

Hingga saat ini Kota Mojokerto belum memberlakukan vaksin booster sebagai syarat masuk mall. Sebab, Kemenkes memberikan waktu kepada daerah untuk mempersiapkan pemberlakuan SE Mendagri.

“Penerapan SE Mendagri tersebut nantinya akan dikoordinasikan di Satgas Covid-19. Namun sebelum SE diterapkan, harus lebih banyak lagi yang sudah booster supaya mall tidak sepi pengunjung,” katanya.

Untuk diketahui, vaksin booster jadi syarat masuk mall dan berbagai tempat umum lainnya. Aturan ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19.

Ketentuan vaksin booster untuk masuk mall tercantum dalam surat edaran terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 440/3927/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat, pengunjung pusat perbelanjaan/mall kini harus sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster). SE Mendagri tersebut diteken pada Senin (11/7/2022) oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…