Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air, Babinsa  Srengat Berikan Materi Wasbang kepada Siswa Siswi SMAN 1 Srengat

INDONESIAONLINE – Pembentukan karakter generasi muda menjadi salah satu fokus kerja dari Kodim 0808/Blitar. Kali ini, Babinsa Koramil Tipe B 0808/06 Srengat Serka Matwira Atmaja memberikan materi wawasan kebangsaan (wasbang)  dengan tema “Mengembangkan Potensi Karakter Siswa untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasilais” dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa-siswi Kelas X SMAN 1 Srengat.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula terbuka SMAN 1 Srengat pada Selasa (19/7/2022). Menurut Matwira, kegiatan pembekalan wasbang ini bertujuan agar dalam diri para siswa siswi, terbentuk karakter yang berbudaya ketimuran dengan menjunjung tinggi adat istiadat yang berlandaskan Pancasila.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata adanya kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam membina generasi muda yang siap pakai guna menghadapi Indonesia Emas 2045,” kata Matwira.

Matwira menambahkan, pembekalan wasbang kepada kalangan pelajar juga merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial yang selalu dilakukan jajaran TNI, dalam hal ini koramil, di wilayah binaan.

“Mengingat generasi muda saat ini sangatlah rentan dengan masuknya budaya luar yang secara bebas masuk di semua lini kehidupan, maka pembinaan wasbang ini merupakan agenda yang sangat penting bagi TNI,’’ imbuhnya.

Terpisah, Danramil Tipe B 0808/06 Srengat Kodim 0808/Blitar Kapten Inf Ariefan Deddy Santosa saat ditemui di sela-sela tugasnya menegaskan bahwa para babinsa telah dibekali materi pembinaan, dalam hal ini pembentukan karakter bagi generasi muda.

“Di samping itu dalam melaksanakan tugas pokok TNI, bukan hanya operasi militer perang saja, tetapi juga operasi militer selain perang, yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,’’ kata Ariefan.

Lebih dalam Ariefan menyampaikan, TNI bekerja keras membantu pemerintah mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dimasa mendatang. Ditegaskan,  kegiatan revitalisasi karakter generasi muda ini dilaksanakan dengan sasaran pembentukan karakter, khususnya siswa-siswi kelas X SMAN 1 Srengat.

“Dengan adanya kegiatan ini, semoga ke depannya para siswa-siswi SMAN 1 Srengat memiliki akhlak dan budi pekerti serta agama yang kuat, guna mencapai cita-citanya dalam mengharumkan nama sekolah dan yang tidak kalah pentingnya adalah membanggakan orang tuanya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Srengat Moh Noor Rofiq mengucapkan terima kasih kepada babinsa Koramil Srengat yang telah bersedia meluangkan waktunya menjadi nara sumber dalam kegiatan kali ini.

“Dan dalam pelaksanaannya, anak-anak dapat mengikuti kegiatan MPLS ini dengan baik. Dari sini, mereka menjadi mengerti akan rasa untuk lebih cinta tanah air sebagai tanah tumpah darahnya,” tutup Rofiq.

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…