Kota Kediri Dinobatkan Jadi Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia 

INDONESIAONLINE – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kembali meraih penghargaan. Kali ini diberikan oleh Universitas Indonesia (UI) pada GreenCityMetric 2022, Kamis (21/7). Penganugerahan penghargaan ini diserahkan oleh Ketua UI Greenmetric dan Sekretaris Universitas Indonesia yang bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Pada penganugerahan ini, Kota Kediri berhasil menyabet 3 kategori penghargaan sekaligus. Yakni Kota Paling Berkelanjutan Kedua di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Akses dan Mobilitas di Indonesia dan Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Pamong di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan dengan tujuan untuk mendorong seluruh masyarakat Kabupaten/Kota di Indonesia agar turut mendukung segala bentuk upaya peningkatan Kabupaten/Kota yang hijau dan berkelanjutan dengan endorsment dari pihak Kementerian.

Saat memberikan sambutan, Wali Kota Kediri mengungkapkan Pemerintah Kota Kediri berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan kolaborasi pentahelix. Tidak hanya pemerintah dan pihak eksternal saja. Kolaborasi ini juga melibatkan dan mengajak seluruh masyarakat Kota Kediri dalam program pemberdayaan masyarakat, untuk bekerja sama dan membangun bersama Kota Kediri. Tidak hanya infrastrukturnya saja yang dilakukan pembangunan, namun juga dalam sektor ekonomi, sosial, lingkungan dan lainnya.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kembali meraih penghargaan. Kali ini diberikan oleh Universitas Indonesia (UI) pada GreenCityMetric 2022, Kamis (21/7). (Foto: Dok. Istimewa)

Ke depan, Abdullah Abu Bakar berharap adanya percepatan dalam pembangunan Kota Kediri dalam segala bidang. Kabar baiknya, dalam beberapa tahun terakhir ini sudah terwujud lingkungan yang cukup baik di Kota Kediri, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Yang menjadi perhatian kami adalah kita ingin bahwa kita yang hidup sekarang ini tidak memberatkan peradaban akan datang yaitu anak cucu kita. Sehingga kita bisa mewujudkan kebersamaan, kita juga bisa mewujudkan green city bersama-sama tidak hanya dari pemerintah saja itu harapan kita di Kota Kediri. Semoga ini bisa menjadi semangat bagi Pemerintah Kota Kediri dan seluruh masyarakat Kota Kediri,” jelasnya. 

Untuk diketahui, selain Kota Kediri ada dua kota lainnya yang dinobatkan sebagai Kota Paling Berkelanjutan Pertama di Indonesia yaitu Kota Semarang dan Kota Paling Berkelanjutan Ketiga di Indonesia Kota Padang. 

Hadir pula dalam acara penganugerahan UI GreenCityMetric 2022, Ketua UI Greenmetric Riri Fitri Sari, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Republik Indonesia Nizam, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Direktur Kawasan Perkotaan Dan Batas Negara Kemendagri Thomas Umbu Pati Tena Bilodadi, Wakil Ketua UI Greenmetric Junaidi, Sekretaris Universitas Indonesia Agustin Kusumayati, Staf Ahli Menteri Bidang Kemsyarakatan Dan Hubungan Antar Lembaga Kemendagri Togap Simangungsong, Wali Kota Madiun Maidi, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wali Kota Padang Hendri Septa, dan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution.

 

You May Also Like

Gelar Lomba Kreasi Memasak, Cara Kreatif Koperasi Srikandi Sejahtera Angkat Telur Blitar

INDONESIAONLINE – Koperasi Srikandi Blitar Sejahtera menyelenggarakan lomba memasak olahan telur di…

Bupati Kediri Minta Pendidikan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib

INDONESIAONLINE  – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai…