BPJS Kesehatan Cabang Malang Gunakan MCS, Wujud Komitmen Dekatkan Layanan ke Masyarakat

INDONESIAONLINE – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang terus berkomitmen untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat yang menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), salah satu caranya menggunakan Mobile Customer Service (MCS). 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Dina Diana Permata melalui Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik Wenan Setyo Nugroho menyampaikan, bahwa secara rutin pihaknya menghadirkan MCS di desa-desa yang ada di Malang Raya. 

Hal itu untuk memberikan kemudahan bagi peserta Program JKN yang sedang membutuhkan layanan administrasi terkait kepesertaan BPJS Kesehatan, terlebih lagi desa-desa yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan. 

“Jadi dengan MCS ini pelayanan bisa didapatkan peserta JKN dengan lebih mudah, lebih dekat dan lebih praktis,” ungkap Wenan dalam keterangan tertulis, Jumat (22/7/2022). 

Wenan menuturkan, bahwa pelayanan administrasi melalui MCS BPJS Kesehatan tersebut bisa didapatkan oleh semua peserta di seluruh segmen. Mulai dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), TNI/Polri, dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). 

Wenan menambahkan, pelayanan yang bisa didapatkan yaitu login Aplikasi Mobile JKN, ubah identitas, ubah fasilitas kesehatan (faskes), laporan kematian, pendaftaran baru, cek tagihan, pengalihan segmen, informasi, pengaduan dan lain sebagainya.

Menurutnya, dengan hadirnya MCS BPJS Kesehatan, peserta Program JKN juga bisa mendapatkan edukasi dan informasi secara lengkap terkait Program JKN yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. 

“Untuk pengurusan administrasi kepesertaan melalui MCS BPJS Kesehatan, peserta dimohon untuk dapat menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP dan pastikan nomor telepon yang disampaikan ke petugas adalah nomor aktif,” imbuh Wenan. 

Sementara itu, salah satu peserta Program JKN yakni Jumaiyah (55) warga Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang mengapresiasi langkah dari BPJS Kesehatan dengan menghadirkan MCS untuk datang ke desa-desa. 

Terlebih lagi, Jumaiyah yang merupakan peserta Program JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran Daerah (PBID) ini mengaku bahwa layanan jemput bola milik BPJS Kesehatan ini sangat bermanfaat untuk dirinya dan keluarganya. 

“Alhamdulillah adanya MCS ini sangat membantu dan saya turut senang. Jadi, saya tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan dan tidak perlu antre untuk penyesuaian data ganda, karena jarak rumah saya ke kantor BPJS Kesehatan lumayan jauh. Petugasnya ramah dan penyampaian informasinya jelas. Terima kasih banyak kepada BPJS Kesehatan,” ucap Jumaiyah. 

You May Also Like

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…