Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Ngawi Gelar Vaksinasi Presisi di Desa Campurasri

INDONESIAONLINE – Polres Ngawi bersama instansi terkait terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat untuk mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity. Hal itu guna mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Ngawi.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut dilaksanakan mulai dari implementasi 3T, yakni Testing, Tracing dan Treatment, pelaksanaan operasi Yustisi penegakkan protokol kesehatan di tempat publik, pembentukan Satgas PPKM Mikro, Pembentukan Kampung Tangguh dan Pasar Tangguh, hingga membuka layanan gerai-gerai vaksin bagi masyarakat umum dan lansia di tempat keramaian, ponpes, sekolahan, perguruan tinggi dan perusahaan.

Tidak hanya itu, Polres Ngawi juga mengoptimalkan fungsi Bhabinkamtibmas di setiap polsek yang ada di jajarannya untuk terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat bersama Babinsa dari Koramil di masing-masing wilayah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera usai memantau kegiatan vaksinasi presisi yang diselenggarakan oleh Polres Ngawi bersama pemerintah desa setempat di Aula Kantor Desa Campurasri, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi.

“Kami bersama rekan-rekan Sidokkes Polres Ngawi terus melakukan upaya dengan melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menangani penyebaran Covid-19 ini,” ucap Dwiasi Wiyatputera, Jum’at (22/7/2022).

Orang nomor satu di Polres Ngawi ini juga menjelaskan kegiatan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan oleh tim vaksinator Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) dengan penanggung jawab Kasidokkes Polres Ngawi Aiptu Joko Priyono.

Sementara itu, Kapolsek Karangjati Iptu Agus Andi Anto Prabowo membenarkan pihaknya bersama personel Koramil dan Trantib Karangjati melakukan pengamanan dan pendampingan kegiatan vaksinasi virus Corona dosis 1, 2 dan 3 terhadap masyarakat usia umum dan lansia di Aula Kantor Desa Campurasri, Karangjati.

“Ya, hari ini kita melakukan pendampingan dan pengamanan dengan cara mengarahkan peserta vaksinasi untuk menerapkan protokol kesehatan. Kemudian memandu peserta mulai dari pengambilan nomer antrean, pendaftaran dan registrasi hingga melaksanakan skrining dan vaksinasi,” terang Agus Andi.

Di lokasi yang sama Kasidokkes Polres Ngawi Aiptu Joko Priyono selaku penanggungjawab tenaga vaksinator mengaku, pihaknya berhasil melakukan vaksinasi kepada 336 orang warga Kecamatan Karangjati dari total 348 warga yang hadir. Sedang 12 orang lainnya terpaksa ditunda karena alasan kesehatan.

“Kita melakukan vaksinasi dosis 1, 2 dan 3 kepada masyarakat usia umum 249 orang dan lansia 87 orang dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer multi dose sebanyak 12 vial,” jelas Joko Priyono.

Gelaran vaksinasi presisi Polres Ngawi berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Kerawanan diantisipasi dengan pengamanan terbuka (Pamka) dan pengamanan tertutup (Pamtub) oleh personel polsek, Koramil dan Trantib di bawah kendali Kapolsek Karangjati.

You May Also Like

Kasus Suspek PMK Ditemukan di Enam Kecamatan Kebupaten Blitar

INDONESIAONLINE – Masyarakat Kabupaten Blitar diimbau untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku…

Fakta Terbaru Warga Singosari Terindikasi Omicron, Ternyata Pegawai BRI Kota Malang

JATIMTIMES – Kasus adanya pasien Covid-19 varian baru Omicron di Kabupaten Malang…