5 Hal Atasi Insomnia ala Dokter  Zaidul Akbar, Jam Tidur Sehat Bakal Normal Lagi

INDONESIAONLINE – Kesehatan tidak cuma tergantung dari pola makan yang baik. Namun kesehatan juga harus diimbangi dengan pola tidur yang normal.

Namun diketahui, beberapa orang mungkin mengalami susah tidur atau insomnia. Ya, insomnia merupakan mussuh utama pola tidur sehat. 

Namun tak perlu khawatir. Masalah insomnia ini bisa diatasi dengan 5 hal yang disampaikan oleh pakar herbal dr Zaidul Akbar. Lantas lima hal apa yang bisa memberantas insomnia menurut  Zaidul Akbar? 

Bahkan, Zaidul Akbar menyebut bahwa 5 hal ini bisa berdampak lebih jauh ke masalah kesehatan serius.

Sebagaimana dikutip dari Instagram @Instagram @zaidulakbar, Minggu (24/7/2022) berikut adalah lima kebiasaan penyebab susah tidur yang dimaksud:

1. Kurang Gerak

Orang yang kurang gerak punya hubungan dengan kesulitan tidur pada malam hari. Oleh sebab itu, diimbau untuk selalu bergerak agar saat malam hari, tubuh sudah cukup siap untuk beristirahat.

2. Kurang Asupan yang Bagus bagi Tubuh

“Tubuh sangat memerlukan nutrisi dalam jumlah yang banyak. Tujuannya satu, untuk jaga keseimbangan di dalam tubuh biar nggak gampang sakit,” ujar Zaidul Akbar.

3. Terlalu Banyak Cahaya Artifisial

Zaidul Akbar juga mengimbau agar mengurangi cahaya gawai, monitor, dan TV. Selain sulit membuat kita tertidur malam hari, hal ini juga tidak sehat untuk mata.

4. Sering Konsumsi Kafein

Sudah umum diketahui bahwa kafein adalah salah satu musuh tidur paling besar. Konsumsi kafein berlebih menjadi biang kerok mengapa kita mengidap insomnia. 

Oleh karena itu, kurang-kurangilah konsumsi kafein mulai dari sekarang sebelum tidur agar kesejahteraan mental kita tetap terjaga.

5. Stres

Stres juga termasuk salah satu faktor yang tidak kalah penting. Sebisa-bisanya kita harus menghindari hal-hal yang menyebabkan stres. Sebab, bukan hanya menyebabkan insomnia. Depresi atau stress bisa menyebabkan kanker hati suatu hari nanti.

“Di tengah kesibukan sehari-hari, ada saja yang dapat membuat kebanyak anak muda stres, bahkan depresi. Saran saya, jangan baca apa yang nggak perlu dibaca. Jangan lihat apa yang nggak perlu dilihat. Jangan berbicara apa yang tidak perlu dibicarakan. Tiga hal ini bisa mengurangi stres,” saran  Zaidul Akbar.

You May Also Like

Warga Kota Kediri 50 ke Atas Mulai Dapat Jatah Vaksin Booster

JATIMTIMES – Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri,…

11.779 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Malang Tunggu Vaksinasi Dosis Booster Kedua

INDONESIAONLINE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih terus…