Mbangun Desa, Tim Dosen Unisba Blitar Gelar Pelatihan Website dan E-Commerce di Kelurahan Beru

INDONESIAONLINE – Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kembali melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kali ini Tim Dosen Unisba Blitar terjun mbangun desa dengan menyelenggarakan pelatihan website dan e-commerce di Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Pengabdian masyarakat di Desa Beru dilaksanakan oleh dua dosen dari Fakultas Teknologi Informasi Unisba Blitar. Masing-masing Abdi Pandu Kusuma, S.Kom., M.T dan Yufi Priyo Sutanto, ST., MM. Peserta dari pelatihan ini adalah perangkat kelurahan dan pengurus Karang Taruna di Kelurahan Beru. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Sabtu, 16 Juli 2022 berlangsung sukses dengan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta.

Dosen sekaligus Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unisba Blitar Abdi Pandu Kusuma mengatakan, pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk komitmen Unisba Blitar dalam menggairahkan kegiatan kemasyarakatan melalui inovasi teknologi.

“Jadi pelatihan ini ada dua sesi. Sesi pertama adalah pelatihan web kepada perangkat kelurahan. Sesi kedua adalah pelatiha e-commerce kepada pengurus karang taruna di Kelurahan Beru,” kata Pandu.

Pelatihan yang digelar diikuti oleh peserta, baik perangkat kelurahan maupun karang taruna. Khusus bagi karang taruna, Tim Dosen Unisba Blitar berharap melalui pelatihan e-commerce ini ke depan bisa mengangkat branding produk usaha di Kelurahan Beru yang dikelola oleh Karang Taruna.

“Harapan kami dengan menguasai e-commerce maka produk lokal di Kelurahan Beru akan bisa semakin dikenal oleh pihak luar. Jadi, karang taruna di Beru ini kan punya produk hasil usaha. Mereka ingin gencar mempromosikan hasil usaha mereka ini kepada dunia luar. Produk mereka ini bisa dipromosikan secara besar-besaran melalui WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainya,” imbuh Yufi Priyo Sutanto selaku pemateri pelatihan e-commerce bagi karang taruna.

Dalam pelatihan ini, sebanyak 20 orang peserta dari karang taruna langsung diajak praktek oleh pemateri dari Dosen Unisba Blitar. Mereka diajak praktek dengan menggunakan media ponsel android.

“Dengan e-commerce kami mendorong agar produk usaha dari Karang Taruna ini bisa dipasarkan keluar dari daerah mereka,” imbuh Yufi.

Pelatihan website diikuti 8 orang peserta dari kalangan perangkat kelurahan. Sesi materi ini diisi oleh Abdi Pandu Kusuma. Dikatakan Pandu, melalui pelatihan ini pihaknya mendorong optimalisasi website di Kelurahan Beru yang selama ini ada namun tidak terurus atau terbengkalai.

“Dengan pelatihan ini kami mendorong perangkat kelurahan di Kelurahan Beru mengoptimalkan website mereka. Melalui website mereka akan mampu memperkenalkan potensi yang ada di Kelurahan Beru kepada masyarakat secara luas,” pungkas Pandu.

You May Also Like

Penerima Beasiswa Banyu Urip 2022 Dilatih Kepemimpinan dan Karir

INDONESIAONLINE – ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bermitra dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat…

Wali Murid SDN 1 Bungur Ceritakan Sosok Guru Terbaik di Sekolah: Tak Urus Soal Polemik Rebutan Kelas

INDONESIAONLINE – Seperti suasana sekolah lainnya, di SD Negeri Bungur 1, Kecamatan…